Sukses

Polisi: 19 Tersangka Teroris Asal Makassar Aktif di Kegiatan FPI

Dari 26 Tersangka, 19 di antaranya merupakan teroris asal Makassar. Mereka tiba hari ini, Kamis (4/2/2021) di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 26 tersangka aksi terorisme dari wilayah Makassar, Sulawesi Selatan dan Gorontalo dipindahkan Tim gabungan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri ke Jakarta.

Mereka tiba hari ini, Kamis (4/2/2021) di  Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, sekitar pukul 13.57 WIB. Dari 26 Tersangka, 19 di antaranya merupakan teroris asal Makassar.

Karo Penmas, Brigjen Rusdi Hartono juga mengungkap bahwa ke-19 tersangka teroris terlibat aktif dalam kegiatan Front Pembela Islam (FPI) di wilayahnya.

"Dari 19 anggota Jamaah Ansharut Daulah atau JAD yang tertangkap, semuanya terlibat atau masuk FPI," kata Brigjen Rusdi di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaitan JAD, ISIS dan FPI

Namun, polisi mengaku enggan mengaitkan afiliasi Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan FPI.

"Kita masih dalami, yang pasti faktanya, mereka aktif dalam kegiatan FPI yang dilakukan di Makassar. Setiap kegiatan FPI pasti dia ikut," tutur Rusdi.

Seperti diketahui sebelumnya, Densus 88 memindahkan 26 tersangka teroris dari Gorontalo dan Makasar. Sementara, seorang tersangka dilaporkan tewas lantaran ditembak karena melawan petugas saat akan ditangkap. Dia kini dimakamkan di Makassar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.