Sukses

26 Tersangka Teroris Tiba di Jakarta, Dipindahkan ke Rutan Cikeas

Tim gabungan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri memindahkan sebanyak 26 tersangka aksi terorisme.

Liputan6.com, Jakarta Tim gabungan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri memindahkan sebanyak 26 tersangka aksi terorisme dari wilayah Makassar dan Gorontalo ke Jakarta.

Adapun para tersangka aksi terorisme ini merupakan bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi ke ISIS. Mereka tiba di Jakarta sekitar pukul 13.57 WIB.

"Tujuh dari Gorontalo dan 19 dari Makassar," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (4/2/2021).

Dia menuturkan, para terangka teroris ini banyak dibekali Baik itu latihan fisik, beladiri, memanah, melempar pisau, menembak dengan senapan angin, hingga kemampuan merakit bom.

"Kelompok ini telah merencanakan kegiatan-kegiatan antara lain penyerangan pada Polri, kemudian juga penyerangan pada rumah dinas anggota Polri, dan juga rumah pejabat," kata Rusdi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada yang Bergabung dengan FPI

Rusdi juga menuturkan, para tersangka juga merencanakan perampokan toko baik itu di Gorontalo dan Makassar juga disusun. Termasuk hingga aksi bom bunuh diri demi mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kemudian dari 19 anggota yang tertangkap, semua terlibat atau menjadi anggota dari Front Pembela Islam di Makassar. Mereka sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan Front Pembela Islam yang ada di Makassar," kata dia.

Kini, ke-26 tersangka terorisme tersebut langsung dibawa ke Rutan teroris di Cikeas, Bogor Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.