Sukses

Wagub DKI Riza Patria: Fasilitas dan Kasus Makin Tinggi Bukan Solusi Covid-19

Riza menilai banyaknya fasilitas kesehatan bukanlah solusi bila penyebaran virus corona juga tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya masih dapat meningkatkan fasilitas kesehatan untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Namun kata dia, pihaknya tidak dapat terus-terusan berkejaran dengan penyebaran virus Covid-19.

"Harus ada yang direm dan harus ada yang dikurang, bukan mau tinggi-tinggian kita," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2021).

Lanjut Riza, saat ini banyaknya fasilitas kesehatan bukanlah solusi bila penyebaran virus corona juga tinggi. Hal terpenting adalah cara memutus penyebaran virus tersebut.

Politikus Gerindra tersebut menjelaskan regulasi ataupun sanksi yang diberikan kepada masyarakat hanya memiliki kontribusi 20 persen dalam penanggulangan Covid-19.

"Itu menurut para pakar, 80 persen ada di mana? 80 persennya keberhasilan kita mengurangi terletak pada disiplin masyarakat, kepatuhan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan," ucap dia.

Karena hal itu, dia mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari di luar rumah.

Yakni mulai dari memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hingga pola hidup yang sehat.

"Itulah yang harus kita lakukan semua sebagai sebuah kebutuhan sehari-hari sebagaimana setiap hari kita membutuhkan udara untuk bernafas, itulah yang harus kita laksanakan," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaji Masukan Pengendalian Kasus

Sementara itu, Riza juga mengaku pihaknya masih mempertimbangkan dan mengkaji sejumlah masukan terkait pengendalian kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Salah satunya adalah usulan dari epidemiolog yang mengusulkan agar Pemprov DKI kembali menerapkan PSBB seperti awal pandemi.

"Kami selalu mempertimbangkan masukan-masukan, apalagi dari epidemiolog. Saya kira pemerintah pusat juga sedang mempertimbangkan banyak hal termasuk dimungkinkah atau tidaknya PSBB diperketat," jelas Riza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.