Sukses

Menkes: Cara Atasi Pandemi Covid-19 dengan Kurangi Laju Penularan Virus

Menurut Budi, apabila kasus Covid-19 dapat ditekan, maka rumah sakit tak akan penuh dan terbebani.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia selama 11 bulan yakni, dengan mengurangi laju penularan virus corona.

Hal ini disampaikan Budi usai mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu sejumlah gubernur untuk membahas penanganan Covid-19 di daerah, Rabu 3 Februari 2021.

"Kesimpulan kami satu, cara untuk mengatasi pandemi ini adalah dengan mengurangi laju penularan," kata Budi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

Adapun kepala daerah yang hadir yakni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kemdian, Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Menurut Budi, apabila kasus Covid-19 dapat ditekan, maka rumah sakit tak akan penuh dan terbebani. Disamping itu, pemerintah juga dapat mempersiapkan program vaksinasi Covid-19.

"Tetapi misi utamanya perang menghadapi pandemi ini adalah mengurangi laju penularan," ucapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai dari Level Kecil

Dalam diskusi bersama Jokowi, dia menyampaikan pemerintah daerah turut menyampaikan sejumlah program yang telah dilakukan untuk mengendalikan Covid-19. Bahkan, program tersebut sangat erat dengan budaya asli Indonesia.

"Dan sangat tepat untuk menjawab bagaimana kita mengatasi pandemi ini dengan mengurangi laju penularan virus ini," jelas dia.

Budi menilai program-program yang bersifat mikro dari level terkecil merupakan penanganan pandemi yang sangat baik dan tepat. Mulai dari, komunitas terkecil, di lingkungan keluarga, di lingkungan warga, dan tetangga-tetangganya.

"(Penanganan) yang bisa menyeimbangkan antara perbaikan sektor kesehatan dengan mengurangi laju kecepatan penularan dan juga menjaga bagaimana masyarakat masih bisa hidupnya berjalan normal," tutur Budi Gunadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.