Kepala Puskesmas Cipayung: Pelayanan Tes Swab Covid-19 Hanya di Hari Kerja

Oleh Mevi Linawati pada 31 Jan 2021, 10:31 WIB
Diperbarui 31 Jan 2021, 10:32 WIB
FOTO: Swab Test PCR Terus Dilakukan untuk Penelusuran Penyebaran COVID-19
Perbesar
Paramedis melakukan swab test PCR kepada warga di Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (13/1/2020). Setiap harinya, Puskesmas Kramat Jati menyediakan kuota 300 swab test PCR secara gratis untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Puskesmas Cipayung, Jakarta Timur, membuka pelayanan tes usap atau swab test Covid-19 hanya pada hari kerja. Hal ini untuk meminimalisasi risiko penularan terhadap tenaga kesehatan yang bertugas.

"Pada saat ini tidak melayani swab test pada hari Sabtu dan Minggu, karena kami ingin memberikan waktu bagi petugas swab test agar bisa beristirahat sejenak, agar tidak terlalu sering terpapar, dan ini berlaku di setiap puskesmas kelurahan juga," kata Kepala Puskesmas Cipayung Rini Muharni di Jakarta, Minggu (13/1/2021), dikutip dari Antara.

Pernyataan tersebut disampaikan Rini saat mengklarifikasi keluhan dari salah seorang pasien dengan gejala Covid-19 yang menuding pelayanan swab test Puskesmas Cipayung berjalan lambat.

Pasien atas nama Hermawan Ramadhan datang bersama sang istri ke Puskesmas Cipayung pada Sabtu 30 Januari 2021 dengan keluhan memiliki gejala khas terinfeksi virus SARS CoV 2.

Namun tim medis Puskesmas hanya melakukan screening (pemeriksaan) dasar terkait gejala Covid-19 dan konsultasi dengan dokter tanpa dites usap maupun tes cepat.

Selanjutnya pasien diminta menunggu selama tiga hari untuk memperoleh jadwal pelaksanaan swab test.

"Berhubung di hari Sabtu tidak ada pelaksanaan swab test, dokter kami melakukan pengobatan terlebih dahulu kepada pasien dan menganjurkan agar datang kembali hari Senin (1/2) pagi ke poli penapisan untuk dilakukan swab test," katanya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Petugas khusus

FOTO: Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di Puskesmas Palmerah
Perbesar
Petugas medis memeriksa kondisi tenaga kesehatan sebelum disuntik vaksin COVID-19 Sinovac di Puskesmas Palmerah, Jakarta, Kamis (28/1/2021). Pemberian vaksin COVID-19 tahap kedua dilaksanakan terhadap tenaga kesehatan mulai hari ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurutnya, pasien yang berdomisili di Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung tersebut juga bisa ke Puskesmas di kelurahan terdekat dari tempat tinggal untuk dijadwalkan pengambilan sampel cairan pernapasan.

"Jadi sebenarnya tidak perlu menunggu sampai tiga hari baru dilakukan swab test," katanya.

Petugas swab test, kata Rini, adalah petugas khusus yang sudah terlatih sehingga tidak semua petugas medis bisa melaksanakannya.

Namun karena ada beberapa petugas swab test Puskesmas yang telah terpapar Covid-19, maka Rini berinisiatif untuk meliburkan petugas di hari Sabtu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓