Polisi: Pembakar Bendera Merah Putih yang Viral Warga Aceh Tinggal di Malaysia

Oleh Ady Anugrahadi pada 30 Jan 2021, 17:52 WIB
Diperbarui 30 Jan 2021, 17:52 WIB
20161204-Merah Putih Raksasa di Aksi Kita Indonesia-Jakarta
Perbesar
Seorang peserta 'Aksi Kita Indonesia' ikut membentangkan Bendera Merah Putih raksasa di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/12). Aksi Kita Indonesia adalah acara perayaan kegembiraan atas keberagaman dan kebangsaan Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Aceh berhasil mengidentifikasi pria yang terekam kamera membakar bendera merah putih.

Aksi pembakaran bendera Indonesia itu viral di media sosial dan menuai kecaman dari warganet.

"Tim kami masih bekerja untuk membuat terang siapa pelaku tersebut, anama pelaku sudah dikantongi, namun profile lengkapnya masih ditelusuri termasuk lokasi pembakaran tersebut," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/1/2021).

Winardy membeberkan, hasil penyelidikan sementara dari Subit Siber Ditreskrimsus Polda Aceh menunjukkan, pelaku adalah warga Aceh yang tinggal di negeri jiran, Malaysia.

"Hasil sementara bahwa pelaku orang Aceh tetapi berdomisili di Malaysia," tandas dia.

 

2 dari 3 halaman

Viral

Sebelumnya, dalam rekaman video berdurasi 17 detik yang viral memperlihatkan seorang pemuda yang belum diketahui identitasnya berdiri sambil memegang sebuah botol diduga berisi minyak. Di hadapan pemuda itu, terdapat bendera Indonesia yang tengah berkibar.

Namun, nampak ada kobaran api pada kayu yang menjadi kait bendera tersebut. Pria itu kemudian menyiram-nyiramkan minyak ke berbagai sisi bendera. Api pun seketika berkobar lumayan besar dan melalap seluruh bendera.

Belum diketahui lokasi persis pria itu membakar bendera merah putih.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓