Top 3 News: 28 Daerah Ini Diprediksi Hujan Petir dan Angin Selama Sepekan

Oleh Muhammad Radityo PriyasmoroDicky Agung PrihantoMaria Flora pada 29 Jan 2021, 07:41 WIB
Diperbarui 29 Jan 2021, 07:41 WIB
20160907-Curah-Hujan-Jakarta-JT
Perbesar
Foto Lanscape Jakarta yang di kelilingi awan gelap sebelum turunya hujan, Rabu (7/9). BMKG memprediksi fenomena La Nina yang mengakibatkan curah hujan tinggi akan berlangsung hingga bulan September 2016. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap ada 28 wilayah di Tanah Air yang diperkirakan bakal diguyur hujan lebat hingga angin kencang selama sepekan ke depan. 

Dari ke-28 wilayah tersebut, enam di antaranya berpotensi banjir hingga banjir bandang. Salah satunya wilayah DKI Jakarta. Kondisi cuaca tersebut menurut BMKG disebabkan oleh dinamika atmosfer yang tidak stabil.

Berita terpopuler lainnya terkait aksi seorang pelanggan di sebuah warung makan atau warteg yang enggan untuk membayar makanannya. Menurut penuturan sang pemilik, kejadian tersebut kerap terjadi dan dilakukan oleh orang yang sama.

Ulah pelaku sempat terekam video dan viral di media sosial. Saat ditagih untuk membayar, pria tersebut malah membanting piring dan menyiram air ke pemilik warteg.

Lain halnya di wilayah Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Pasar Muamalah di lingkungan RT03/RW004, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, kini jadi sorotan.

Bagaimana tidak, di pasar tersebut selain menggunakan uang Rupiah, transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan dirham.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 27 Januari 2021:

2 dari 5 halaman

1. BMKG Prakirakan 28 Daerah Hujan Deras Disertai Angin-Petir Sepekan Ini, Berikut Daftarnya

20160907-Curah-Hujan-Jakarta-JT
Perbesar
Sejumlah gedung di Jakarta tertutup awan gelap sebelum turunya hujan, Rabu (7/9). BMKG memprediksi fenomena La Nina yang mengakibatkan curah hujan tinggi akan berlangsung hingga bulan September 2016. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan 28 wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, sepekan ke depan.

Menurut analisis BMKG, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di 28 wilayah tersebut.

28 wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berikut rincian 28 wilayah tersebut:

1. Aceh

2. Sumatera Utara

3. Sumatera Barat

4. Bengkulu

5. Sumatera Selatan

6. Lampung

7. Banten

8. DKI Jakarta

9. Jawa Barat

10. Jawa Tengah

11. DI Yogyakarta

12. Jawa Timur

13. Bali

14. Nusa Tenggara Barat

15. Nusa Tenggara Timur

16. Kalimantan Barat

17. Kalimantan Tengah

18. Kalimantan Timur

19. Kalimantan Utara

20. Sulawesi Utara

21. Gorontalo

22. Sulawesi Tengah

23. Sulawesi Selatan

24. Sulawesi Tenggara

25. Maluku

26. Maluku Utara

27. Papua Barat

28. Papua

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Viral Pelayan Warteg di Depok Disiram Pelanggan yang Ogah Bayar Makan

Warteg Terancam Gulung Tikar
Perbesar
Penjual melayani pembeli di warteg kawasan Jakarta, Rabu (27/1/2021). Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) menyatakan, sekitar 50 persen atau 20.000 unit warteg di Jabodetabek akan gulung tikar tahun ini disebabkan tidak mampu membayar atau memperpanjang sewa tempat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pelayan warteg disiram pelanggannya viral di media sosial. Diketahui, aksi tersebut terjadi di wilayah Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok.

Pemilik warteg, Ashadi mengatakan, aksi tersebut dilakukan seorang pria yang enggan membayar makan di warungnya. Kejadian tersebut tak hanya sekali terjadi. Pelaku selalu berkelit saat ditagih.

"Saat ditagih karyawan saya, pria itu selalu bilang entar, dan kejadian itu selalu terulang," ujar Ashadi, Rabu (27/1/2021).

Ashadi menjelaskan, apabila pria tersebut bilang meminta makan, maka akan dilayani tapi tidak boleh memilih lauk. Sebaliknya, jika beli, dia bebas memilih menu makanan.

Namun, saat pegawai warteg menagih pembayaran makanan yang telah dibeli, pria tersebut justru membanting piring dan menyiram air.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Pasar Muamalah di Depok Bertransaksi dengan Dirham, Lurah Mengaku Tak Beri Izin

Pasar Muamalah di Kota Depok terima pembayaran dengan uang Rupiah, Dirham, hingga sistem barter
Perbesar
Pasar Muamalah di Kota Depok terima pembayaran dengan uang Rupiah, Dirham, hingga sistem barter. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Keberadaan Pasar Muamalah di lingkungan RT03/RW004, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat menjadi perhatian.

Pasalnya, transaksi yang digunakan di Pasar Muamalah selain menggunakan uang Rupiah, juga menggunakan uang Dirham.

Lurah Tanah Baru Zakky Fauzan mengatakan, Pasar Muamalah di wilayah Tanah Baru melakukan transaksi penjualan hanya dua minggu sekali dan dilaksanakan pada hari Minggu.

Dirinya pun mengaku tidak mengetahui secara pasti keberadaan pasar yang berada di Jalan Tanah Baru tersebut.

"Saya baru tahu dan dapat informasi kemarin dan memang Kelurahan Tanah Baru tidak mengeluarkan izin Pasar Muamalah," ujar Zakky, Kamis (28/1/2021).

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓