BMKG Prediksi Hujan Lebat, Golkar Minta Dinas SDA DKI Antisipasi Banjir

Oleh Nanda Perdana Putra pada 28 Jan 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 28 Jan 2021, 19:45 WIB
Banjir Rob Rendam Pasar Ikan Muara Baru
Perbesar
Kendaraan bermotor melintasi jalan yang tergenang air rob (banjir pasang air laut) di Kawasan Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta, Kamis (4/6/2020). Banjir rob di Pelabuhan Muara Baru tersebut terjadi akibat cuaca ekstrem serta pasangnya air laut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas tinggi akan melanda DKI Jakarta dalam beberapa hari ke depan. Upaya siaga banjir pun dinilai perlu dilakukan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Merespons peringatan BMKG, Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar mengingatkan pihak Dinas SDA DKI Jakarta untuk bersiap melakukan berbagai upaya dalam rangka meminimalisir banjir.

"Peran Dinas Sumber Daya Air sangat krusial dalam mengantisipasi terjadinya banjir atau genangan di Jakarta. Karena itu, seyogyanya melakukan segala upaya dalam mengantisipasi terjadinya banjir di Jakarta," tutur Zaki Iskandar dalam keterangannya, Kamis (28/01/2021).

Menurut Zaki, banjir dan genangan di Jakarta sering terjadi akibat buruknya drainase dan kurang berfungsinya gorong-gorong Ibu Kota. Untuk itu Dinas SDA harus mematiskan drainase dan gorong-gorong berfungsi secara baik sejak sekarang.

"Membereskan drainase dan gorong-gorong bukan pekerjaan sulit bagi Dinas Sumber Daya Air. Cukup kesungguhan saja," jelas dia.

 

2 dari 3 halaman

Normalisasi Sungai

Selain itu, Dinas SDA juga diharapkan melakukan langkah-langkah terukur dalam hal menormalisasi sungai, waduk, dan embung.

Sebab, normalisasi sungai sebagai salah satu langkah efektif dalam upaya pengendalian banjir Jakarta.

"Warga Jakarta sangat mengharapkan peran Dinas SDA ini agar masyarakat DKI Jakarta tidak merasa terancam oleh banjir," ujar Zaki. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓