Sukses

BMKG Prediksi Hujan Lebat, Golkar Minta Dinas SDA DKI Antisipasi Banjir

Banjir dan genangan di Jakarta sering terjadi akibat buruknya drainase dan kurang berfungsinya gorong-gorong Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas tinggi akan melanda DKI Jakarta dalam beberapa hari ke depan. Upaya siaga banjir pun dinilai perlu dilakukan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Merespons peringatan BMKG, Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar mengingatkan pihak Dinas SDA DKI Jakarta untuk bersiap melakukan berbagai upaya dalam rangka meminimalisir banjir.

"Peran Dinas Sumber Daya Air sangat krusial dalam mengantisipasi terjadinya banjir atau genangan di Jakarta. Karena itu, seyogyanya melakukan segala upaya dalam mengantisipasi terjadinya banjir di Jakarta," tutur Zaki Iskandar dalam keterangannya, Kamis (28/01/2021).

Menurut Zaki, banjir dan genangan di Jakarta sering terjadi akibat buruknya drainase dan kurang berfungsinya gorong-gorong Ibu Kota. Untuk itu Dinas SDA harus mematiskan drainase dan gorong-gorong berfungsi secara baik sejak sekarang.

"Membereskan drainase dan gorong-gorong bukan pekerjaan sulit bagi Dinas Sumber Daya Air. Cukup kesungguhan saja," jelas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Normalisasi Sungai

Selain itu, Dinas SDA juga diharapkan melakukan langkah-langkah terukur dalam hal menormalisasi sungai, waduk, dan embung.

Sebab, normalisasi sungai sebagai salah satu langkah efektif dalam upaya pengendalian banjir Jakarta.

"Warga Jakarta sangat mengharapkan peran Dinas SDA ini agar masyarakat DKI Jakarta tidak merasa terancam oleh banjir," ujar Zaki. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.