Sukses

Listyo Sigit: Jika Diibaratkan, Karakter Idham Azis Seperti Elang Pemimpin

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan, seluruh keluarga besar Polri tidak akan melupakan jasa Idham Azis yang berhasil membawa perubahan besar terhadap Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar acara tradisi serah terima jabatan atau sertijab dengan Jenderal Idham Azis. Dalam sambutannya, Listyo menyampaikan perumpamaan burung untuk Idham.

"Jika diibaratkan, karakter seorang Pak Idham Azis seperti karakter elang pemimpin. Seorang pemimpin itu tidak perlu memamerkan dirinya, seperti burung merak, burung nuri, atau pun burung kepodang, untuk disegani oleh kawan maupun lawan," tutur Listyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021).

Menurut Listyo, karakter itu sejalan dengan gaya kepemimpinan Idham yang dinilai tidak sarat dengan pencitraan. Keseluruhannya dirasa lebih mengutamakan hasil kerja.

"Seluruh keluarga besar Polri tidak akan melupakan jasa Bapak yang telah berhasil membawa perubahan yang besar terhadap institusi Polri," jelas dia.

Listyo juga menyebut, Idham banyak berjasa selama dirinya menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Berbagai bentuk dukungan pun dirasakan, tidak hanya terhadapnya namun juga anggota Polri lainnya.

"Capaian prestasi seperti kasus yang menjadi perhatian publik tentu berkat dukungan dan arahan beliau," Listyo Sigit Prabowo menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Kapolri, Listyo Sigit Janji Tampilkan Polri yang Tegas dan Humanis

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan menampilkan citra kepolisian yang tegas dan humanis. Selain itu, dia akan memberikan pelayanan yang transparan dan menegakkan hukum secara adil.

Hal ini disampaikan Listyo Sigit usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Kapolri di Istana Negara Jakarta, Rabu (27/1/2021). Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang masuk masa pensiun.

"Tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik," kata Listyo melalui Youtube Sekretariat Presiden.

"Bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. Tentunya ini jadi tugas kami ke depan," sambungnya.

Dia menyampaikan komitmen tersebut nantinya akan dituangkan dalam transformasi di 4 bidang dan 16 program kegiatan. Listyo menekankan kepolisian di bawah kepemimpinannya selalu siap menghadapi tantangan, salah satunya pandemi Covid-19.

"Kita ketahui bersama bahwa saat ini kita sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19. Bagaimana kita berusaha untuk melakukan upaya penanggulangan terhadap Covid-19 baik di dalam kegiatan-kegiatan yang kita disiplinkan penegakan aturan protokol kesehatan," jelasnya.

Kepolisian, kata dia, juga akan membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini agar masyarakat dapat bebas dari krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Tentunya itu semua bisa terlaksana apabila stabilitas kamtibmas semuanya berjalan aman, lancar dan baik," ujar Listyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.