Sukses

Ini yang Dirasakan Jokowi dan Raffi Ahmad Usai Divaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

Tak seperti vaksinasi pertama, di kali kedua dirinya menerima vaksin Covid-19, Jokowi mengaku dirinya tidak merasakan apapun.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menjalani vaksinasi Covid-19 Sinovac dosis kedua di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Tak seperti vaksinasi pertama, di kali kedua dirinya menerima vaksin buatan China tersebut, Jokowi mengaku tidak merasakan apa pun. 

Seperti diketahui, saat vaksinasi perdana di gelar di Istana Kepresidenan dua minggu lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku merasakan pegal-pegal. Namun, Jokowi tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa.

"Alhamdulillah, pagi tadi sudah terlaksana dan vaksinasi berjalan baik. Tidak terasa apa-apa, waktu suntik ya. Tapi setelah dua jam agak pegal dikit. Agak pegal dikit," kata Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 13 Januari 2021.

Selain Jokowi, vaksinasi Covid-19 dosis kedua hari ini juga kembali dihadiri oleh sejumlah tokoh negeri. Antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Raffi Ahmad yang mewakili kalangan milenial. 

Lantas, hal apa yang dirasakan Menkes Budi dan Raffi Ahmad usai divaksinasi Covid-19 Sinovac hari ini: 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Rasakan Efek Apa-Apa dan Sedikit Sakit

Jokowi telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (27/1/2021). Jokowi menyebut tak merasakan efek usai disuntik vaksin dosis kedua.

"Hari ini saya dapat suntikan vaksin kedua. Sama dengan dua minggu lalu, tidak terasa," kata Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Saat vaksinasi perdana, dia mengaku memang merasakan pegal-pegal usai disuntik. Namun, tetap beraktivitas seperti biasa.

"Dulu dua jam pegal-pegal. Saya kira sama saja. Saya aktivitas ke mana-mana juga," ujar Jokowi.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan Profesor Dr dr Abdul Muthalib mengaku sempat sedikit berbincang dengan Jokowi.

Prof Abdul mengatakan Jokowi hanya merasakan sedikit sakit jarum suntik masuk ke kulit. Setelah itu tidak ada masalah usai vaksinasi dosis kedua hari ini. 

3 dari 4 halaman

Tidak Terasa Sakit

Menkes Budi, satu dari sekian banyak tokoh yang kembali divaksinasi Covid-19 dosis kedua. Kepada Juru Bicara Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro, Budi mengatakan bahwa tidak ada perbedaan dari saat ia menerima suntikan pertama vaksin corona Sinovac dosis pertama.

"Sama. Tidak terasa sakit, seperti yang pertama, dan Alhamdulillah sehat," kata Budi seperti dikutip dari siaran langsung dari YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (27/1/2021).

Namun, dia sempat berseloroh saat dirinya menerima suntikan pertama vaksin Sinovac beberapa waktu yang lalu. Budi mengaku dirinya malah jadi ingin makan banyak.

"Rasanya jadi ingin makan banyak, dok," kata Budi Gunadi kepada dokter Reisa sembari tertawa.

"Tidak ada yang serius," tambahnya. 

4 dari 4 halaman

Sedikit Ngantuk dan Pegal

Sesaat setelah divaksin, dr Reisa Broto Asmoro sempat pula bertanya mengenai apa yang dirasakan presenter Raffi Ahmad saat vaksin Covid-19 disuntikkan ke tubuhnya.

"Yang dirasakan sama dengan pertama kali vaksin. Jadi ya kayak digigit semut habis itu alhamdulillah sudah lancar," kata suami Nagita Slavina ini usai vaksinasi.

Reisa Brotoasmoro kembali bertanya mengenai efek yang dirasakan Raffi Ahmad beberapa menit setelah divaksin. Ayah satu anak ini merasakan dua hal.

"Cuma ngantuk dikit sama pegal aja sih. Alhamdulillah, biar orang-orang enggak pada takut. Kita kan sudah vaksin, alhamdulillah kita sehat-sehat aja," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.