Sukses

Menlu Sebut RI Bisa Dapat Vaksin Covid-19 Gratis hingga 20 Persen Jumlah Penduduk

Saat ini, Indonesia masuk dalam daftar negara AMC-92 yang merupakan negara berpenghasilan menengah dan rendah dan akan dibantu mendapatkan vaksin Covid-19 gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia terus berupaya mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis hingga 20 persen dari jumlah penduduk melalui fasilitas Covax.

Namun, terkait jenis dan kapan vaksin Covid-19 gratis itu bisa diterima, saat ini tengah diupayakan dan dalam pembahasan.

“Indonesia diperkirakan memperoleh vaksin gratis sebesar 3 sampai 20 persen penduduk. Jenis vaksin, besaran vaksin, dan waktu delivery saat ini masih akan terus dibahas,” kata Menlu Retno di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (26/1/2021).

Saat ini, Retno menyebut Indonesia masuk dalam daftar negara Covax Advanced Market Commitment (AMC-92) yang merupakan negara berpenghasilan menengah dan rendah yang akan dibantu mendapatkan vaksin gratis.

Retno optimistis kebutuhan vaksin di Indonesia akan tercukupi apabila kerja sama bilateral dan multilateral berjalan lancar.

“Jika upaya mengamankan pasokan vaksin baik melalui jalur bilateral maupun multilateral berjalan lancar, Insyaallah jumlah yang diperoleh akan mencukupi kebutuhan rakyat Indonesia,” ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan 3 Perusahaan

Adapun pengadaan vaksin jalur bilateral yang dimaksud adalah kerja sama dengan tiga perusahaan, yakni Sinovac, AstraZeneca, dan Novavax.

3 dari 3 halaman

3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.