Sukses

Dukungan ANTAM Atasi Dampak Bencana Alam di Sejumlah Daerah

Menyikapi berbagai bencana alam yang terjadi di berbagai daerah, PT Aneka Tambang Tbk dengan sigap membantu melakukan penanganan dampak bencana di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal tahun 2021 Indonesia berduka, berbagai bencana alam terjadi di sejumlah daerah. Mulai gempa bumi, banjir bandang, hingga tanah longsor yang menimbulkan korban jiwa, luka-luka dan fasilitas umum yang rusak parah serta masyarakat yang harus kehilangan harta bendanya.

Menyikapi berbagai bencana alam yang terjadi di berbagai daerah, PT Aneka Tambang Tbk dengan sigap membantu melakukan penanganan dampak bencana diantaranya gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, banjir di Kabupaten Halmahera Utara, banjir bandang dan tanah longsor di Kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Direktur Operasi dan Produksi ANTAM, Hartono mengatakan ANTAM memiliki tim tanggap darurat yang berpengalaman dalam penanganan dampak bencana alam di Indonesia. 

“Perusahaan siap  mendukung langkah Pemerintah dalam penanggulangan bencana. Tim tanggap darurat dan paramedis telah diterjunkan untuk membantu mengurangi beban masyarakat atas bencana alam yang terjadi,” kata Hartono dalam keterangannya Selasa, (26/1).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tim Tanggap Darurat di Mamuju

Di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, ANTAM telah mengirimkan Tim Tanggap Darurat dengan kompetensi rescuer pada collapse structure search & rescue (CSSR) serta paramedis dengan membawa obat-obatan untuk memberikan pertolongan pertama bagi para korban bencana gempa bumi sejak 17 Januari 2021 lalu. 

Hingga pada 22 Januari 2020, Tim Tanggap Darurat ANTAM yang tergabung dalam Tim ESDM Siaga Bencana secara intensif membantu posko pengungsian di Dusun Ujung Bulo, Dusun Ujung Bulo Wisata dan Dusun Nangka, Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pelayanan kesehatan dan pengobatan dilakukan terhadap puluhan warga pengungsi disertai dengan pemberian masker dan obat-obatan.

3 dari 4 halaman

Salurkan Unit Alat Rapid Test Antigen

Sebanyak 500 unit alat rapid test antigen juga telah diserahkan melalui Tim ESDM Siaga Bencana, Dinas Kesehatan dan Kantor Pelayanan Pajak setempat untuk dapat digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada tanggal 25 Januari 2020. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, ANTAM  juga telah mengantarkan bantuan logistik secara langsung kepada para pengungsi di Mamuju berupa beras, bahan makan, tikar, selimut dan popok bayi pada 20 Januari 2020.

Di Kabupaten Halmahera Utara, ANTAM mendistribusikan bantuan logistik diantaranya susu dan makanan ringan bagi korban banjir di posko pengungsian di Kecamatan Kao Barat dan Kecamatan Galela pada 19 Januari 2021.

4 dari 4 halaman

Logistik Makanan dan Hand Sanitizer

Selain itu, di Jawa Barat, Perusahaan juga menyerahkan bantuan logistik berupa bahan makanan dan hand sanitizer untuk korban banjir di kawasan Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Serta dukungan logistik bagi korban yang terdampak banjir dan tanah longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Begitu pula banjir yang melanda Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ANTAM telah menyalurkan bantuan berupa bahan makan pokok untuk  warga yang berada di pengungsian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.