Wagub Sebut Pemprov DKI Tambah 5 Lokasi Pemakaman Khusus Covid-19

Oleh Delvira Hutabarat pada 22 Jan 2021, 19:37 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 19:37 WIB
FOTO: Penuh, Begini Kondisi Pemakaman Khusus Jenazah dengan Protokol COVID-19 di TPU Pondok Ranggon
Perbesar
Sejumlah orang terlihat di pemakaman khusus jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2021). Lahan pemakaman khusus jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Pondok Ranggon sudah penuh sejak bulan November 2020 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sudah membuka lahan makam baru untuk jenazah Covid-19 di Umum (TPU) Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut penambahan diperlukan sebab makam khusus Covid-19 yang ada telah penuh.

“Pemprov sudah menambah luasan pemakaman di beberapa tempat seperti Srengseng, Bambu Wulung, Semper, Joglo, dan pemakaman umum lainnya. Di beberapa titik tersebut disiapkan tempat pemakaman untuk COVID termasuk di Rorotan. Sekalipun di (TPU) Srengseng sudah penuh, itu sudah disiapkan tempat lain termasuk di Rorotan,” kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Ariza memastikan Pemprov akan mengupayakan ketersediaan lahan pemakaman, ia meminta warga Jakarta tidak panik.

“Warga Jakarta tidak perlu khawatir. memang semuanya ada peningkatan yang luar biasa. Tidak hanya pemakaman, tapi juga okupansi rumah sakit, tempat tidur, juga ruang ICU. Tapi kami terus mengendalikan, mengupayakan berbagai dukungan fasilitas sebaik mungkin, termasuk pemakaman,” ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Tak Ada Kendala

Meski mengaku sulit menemukan lahan baru, ia memastikan tak ada kendala besar untuk menyediakan lahan pemakaman baru.

“Enggak ada kendala, masalah makam memang secara umum nggak cuma di Jakarta, di dunia pasti menghadapi masalah tanah. Tanah untuk gedung, jalan, waduk, RTH, taman. Kan itu kompleksitas masalah Ibu Kota di seluruh dunia termasuk tanah untuk pemakaman,” tandasnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓