Sukses

Gempa Signifikan Meningkat di Januari, Ini Analisis BMKG

Sejak awal Januari 2021 di wilayah Indonesia terjadi peningkatan aktivitas gempa yang guncangannya dirasakan oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak awal Januari 2021 di wilayah Indonesia terjadi peningkatan aktivitas gempa yang guncangannya dirasakan oleh masyarakat. Hasil monitoring BMKG menunjukkan, total gempa dirasakan (felt earthquake) di wilayah Indonesia sejak 1 hingga 22 Januari 2021 tercatat sebanyak 59 kali.

"Jika dirinci berdasarkan lokasi sumber gempa di wilayah masing-masing provinsi, tampak bahwa gempa dirasakan paling banyak terjadi di ranking 5 besar provinsi yaitu Sulawesi Tengah (10 kali), Sulawesi Barat (7 kali), Nusa Tenggara Timur (6 kali), Lampung (4 kali), dan Papua Barat (4 kali)," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Jumat (22/1/2021).

Namun demikian beberapa provinsi lain juga terjadi beberapa gempa dirasakan seperti di Aceh, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Bengkulu, DIY, Papua, Sulawesi Selatan, Bali, Gorontalo, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Sumbar, dan Sumatra Utara.

"Adanya femomena peningkatan aktivitas gempa signifikan dan dirasakan di berbagai wilayah ini belum dapat diketahui secara pasti penyebabnya. Namun demikian yang pasti gempa bumi adalah proses pelepasan energi yang terjadi secara tiba-tiba pada sumber gempa setelah mengalami akumulasi medan tegangan yang sudah berlangsung sejak lama," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Pola Gempa?

Gejala meningkatnya aktivitas gempa pada waktu-waktu tertentu seperti saat ini, kata Daryono, masih sulit diterangkan. Ada dugaan, perubahan pola tegangan global, regional, bahkan lokal tampaknya dapat menerangkan gejala ini.

"Hingga saat ini fenomena ini masih terus dikaji para ahli kebumian, untuk mengungkap penyebabnya," ujar Daryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bumi