Sukses

Dedi Mulyadi Tantang Anies Baswedan Keluarkan Rp 1 Triliun untuk Reboisasi Bogor

Dedi Mulyadi menantang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Rp 1 triliun untuk dianggarkan reboisasi kawasan hutan di Bogor dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menantang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Rp 1 triliun untuk dianggarkan reboisasi kawasan hutan di Bogor dan sekitarnya.

Menurut dia, reboisasi hutan di Bogor penting demi mencegah banjir yang merugikan Jakarta.

"Saya menantang Gubernur Anies mengeluarkan dana Rp 1 triliun untuk penghijauan kawasan hutan di Bogor dan daerah sekitarnya. Misalnya, DAS Citarum banyak pohon milik rakyat di atas tanah negara. Ketika gede ya ditebang. Sayang kalau ditebang, bagaimana kalau dibeli Pemprov DKI untuk pohon abadi," kata Dedi Mulyadi dalam keterangannya, Kamis (21/1/2021).

Mantan Bupati Purwakarta ini menuturkan, hutan di Bogor sangat berpengaruh terhadap DKI. Jika hutan di Bogor dan sekitarnya rusak, maka warga Jakarta yang dirugikan.

"Bogor punya Sungai Ciliwung. Jika hutan gundul di hulu, maka air tidak terserap lalu akan meluncur deras melalui Sungai Ciliwung dan Kalimalang hingga akhirnya sampai ke Jakarta dan menyebabkan banjir," kata Dedi Mulyadi.

Hutan-hutan di daerah sekitar Bogor seperti Cianjur, Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupatan Bandung, pun sangat berpengaruh terhadap Jakarta. Menurutnya, jika aliran dari Sungai Citarum tak terkendali maka Jakarta akan mengalami bencana. "Begitu juga ketika Jatiluhur jebol, dalam 15 menit Jakarta tenggelam," kata dia.

Dia menuturkan, jika dana sebesar itu dikeluarkan tak akan masalah untuk DKI Jakarta. Dirinya mencontohkan, perusahaan membayar pajak pertambahan nilai (PPN) berdasarkan NPWP dan rata-rata kantor mereka berada di Jakarta. Artinya, pajak itu mengalir ke Jakarta meski pabriknya berada di daerah lain seperti Purwakarta, Bekasi dan sekitarnya.

"Jadi Jakarta itu mendapat bagi hasil yang keringatnya atau rasa susah dan pencemarannya terjadi di daerah," kata Dedi Mulyadi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat di Era Ahok

Dedi Mulyadi pun bercerita, saat dirinya masih menjabat bupati Purwakarta, pernah bertemu Gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengusulkan proposal agar Pemprov DKI berinvestasi dalam hutan abadi.

Bahkan staf Ahok waktu itu pernah datang ke Purwakarta untuk riset. "Namun sejak kunjungan riset hingga kini belum ada tindak lanjut," kata dia.

Karena itu, dia menantang Anies Baswedan untuk bisa merealisasikan hal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.