Sukses

Antisipasi Banjir, Pemkot Tangerang Cek Situ dan Sungai

Pemkot Tangerang mengecek situ atau danau buatan penampungan air serta daerah serapan untuk mengantisipasi banjir akibat curah hujan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Tangerang mengecek situ atau danau buatan penampungan air serta daerah serapan untuk mengantisipasi banjir akibat curah hujan tinggi. Debit air Sungai Cisadane dan anak kali Sungai Ciliwung pun terus dipantau.

"Prediksinya itu intensitas curah hujan semakin tinggi, apalagi sebulan ke depan. Makanya kita cek semua penampungan air sebagai antisipasi terjadinya banjir," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Kamis (21/1/2021).

Salah satu lokasi yang menjadi tampungan air Kota Tangerang adalah Situ Cipondoh yang memiliki luas hampir 14 hektare. Arief pun mengatakan, debit air di danau tersebut masih normal.

Namun, pihaknya akan mengurangi debit air sebagai langkah antisipasi hujan yang akan semakin deras.

Untuk itu, lanjut Wali Kota, Pemkot melalui Dinas PUPR akan melakukan pengecekan secara berkala di saluran-saluran dan drainase agar air dapat mengalir dengan lancar, tidak mengakibatkan banjir.

"Para pedagang diharapkan tidak berjualan di atas saluran agar proses pembersihan oleh petugas bisa lebih mudah dan warga bisa ikut memelihara lingkungannya," kata Arief.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Kali Angke

Selain itu, Pemkot Tangerang juga melakukan pengecekan Kali Angke di wilayah Ciledug Indah dan sekitarnya, yang sering terjadi luapan air ketika intensitas curah hujan tinggi.

"Kita akan terus pantau dan lakukan pemeliharaan secara berkala untuk mencegah terjadinya luapan air yang dapat mengakibatkan terjadinya genangan maupun banjir," kata Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.