Sukses

Top 3 News: Komjen Listyo Sigit Sebut Tak Ada Agama Ajarkan Terorisme

Kapolri terpilih, Komjen Listyo Sigit menyebut, terorisme merupakan ajaran tersendiri yang tidak diketahui dari mana asalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di ruang Komisi III DRP RI, Komjen Listyo Sigit Prabowo disetujui menjadi Kapolri untuk menggantikan posisi Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang akan segera memasuki masa pensiun. Berita ini menjadi terpopuler pertama di top 3 news, Rabu, 20 Januari 2021. 

Sebelum diputus menjadi Kapolri terpilih, Listyo Sigit memaparkan sederet sasaran yang akan diwujudkannya dalam Institusi Polri di hadapan seluruh fraksi. Salah satunya menekankan bahwa Polri tidak boleh menjadi alat kekuasaan.

Saat menyinggung soal kasus terorisme di Tanah Air, Komjen Listyo Sigit mengatakan, bahwa tidak ada agama manapun yang mengajarkan terorisme. Karena sejatinya semua agama mengajarkan kasih sayang. 

Berita terpopuler lainnya terkait pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian perihal penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Papua.

Tito menyebut, Papua contoh Pemda yang salah saat menyusun RAPBD. Untuk itu dia meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sistem sebelumnya yaitu Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) menjadi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Sementara itu, dari pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182, publik dihebohkan kabar adanya tanda SOS dari Pulau Laki, Kepulauan Seribu yang disebut-sebut menjadi salah satu titik jatuhnya pesawat, pada Sabtu 9 Januari lalu.

Sempat mencuat dugaan bahwa tanda SOS yang tertangkap dalam  layar aplikasi Google maps tersebut berasal dari korban Sriwijaya Air yang selamat.

Menyikapi kabar yang beredar, Basarnas melakukan pengecekan ke Pulau Laki. Hasilnya tidak ditemukan apapun yang berkaitan dengan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di titik tersebut.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 20 Januari 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Calon Kapolri Listyo Sigit: Tidak Ada Satu Agama pun yang Mengajarkan Terorisme

Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, terorisme tidak berasal dari ajaran agama. Sebab itu, seluruh elemen bangsa berkepentingan untuk melawan ideologi tersebut.

Pernyataan itu disampaikan menanggapi Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh yang meminta sikap Listyo terkait pandangan Islam tidaklah identik dengan terorisme dan radikalisme.

 

"Yang disampaikan oleh Pak Pangeran bahwa tidak ada satu agama pun yang mengajarkan masalah terrorism. Semua agama mengajarkan kasih sayang, termasuk Islam yang mengajarkan rahmatan lil alamin," tutur Listyo di Gedung DPR MPR, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Listyo menyebut, terorisme merupakan ajaran tersendiri yang tidak diketahui darimana asalnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Mendagri Sebut Papua Contoh Pemda yang Salah Menyusun RAPBD

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Papua merupakan contoh pemerintah daerah (pemda) yang salah dalam membuat rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD).

"Rancangan APBD yang salah akan membuat gagal, percuma nanti seperti di Papua. Uang banyak, tapi tata kelolanya kurang pas," kata Tito Karnavian di Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Karena itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah menginstruksikan agar pemda mengganti sistem sebelumnya yaitu Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) menjadi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Tito mengatakan bahwa SIPD itu memiliki keunggulan menampilkan seluruh informasi pengelolaan keuangan daerah, sehingga semua bisa diketahui pemerintah pusat secara daring (online).

Mendagri mengatakan, sistem baru yang diterapkan oleh Kementerian Dalam Negeri itu akan menyulitkan oknum tertentu yang memiliki kecenderungan penyimpangan moral.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Viral Tanda SOS di Pulau Laki Kepulauan Seribu, Ini Kata Basarnas

Media sosial dihebohkan dengan beredarnya tangkapan layar aplikasi google maps yang menampilkan ikon SOS di Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Basarnas menyatakan akan menyisir ke titik tersebut.

"Nanti kita akan cek sesuai dengan informasi yang diberikan tadi," kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Rabu (20/1/2021).

Ketika disinggung kemungkinan tanda SOS diberikan oleh korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak, Rasman mengatakan, pihaknya tak ingin berandai-andai sebelum melakukan pengecekan.

Meski, sampai saat ini tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa ada penumpang selamat pascakecelakaan pesawat pada Sabtu 9 Januari 2021.

Rasman menduga, tanda SOS berasal dari tim SAR yang mendirikan posko di sekitaran kepulauan Seribu.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.