Sukses

Satgas: Keterpakaian Tempat Tidur RS di 9 Provinsi di Atas 70 Persen

Enam dari sembilan provinsi tersebut berada di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengungkapkan ada sembilan provinsi di Indonesia yang melaporkan keterpakaian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 di atas 70 persen. Data ini tercatat di Kementerian Kesehatan.

"Di sini ternyata yang di atas 70 persen ada sembilan provinsi. Dan menariknya, enam dari sembilan provinsi tersebut berada di Pulau Jawa," katanya saat mengisi Talk Show Covid-19 Dalam Angka di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (20/1).

Sembilan provinsi tersebut yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Banten, Lampung, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur. Dewi menjelaskan, saat ini keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 DKI Jakarta sebesar 86,70 persen.

Peningkatan keterpakaian tempat tidur di rumah sakit terjadi DKI Jakarta terjadi sejak pertengahan Desember 2020. Sementara di Jawa Barat sudah mencapai 77,80 persen.

"(Keterpakaian tempat tidur di rumah sakit) Jawa Barat fluktuatif pada angka di atas 75 persen sejak pertengahan November 2020," ujarnya.

Sedangkan di Jawa Tengah menyentuh angka 72,10 persen. Dewi menyebut, peningkatan keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 Jawa Tengah terjadi sejak pertengahan November 2020.

"Jawa Timur 73,6 persen. Meningkat signifikan sejak akhir November, sekarang mulai agak turun," sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Sulteng

Adapun keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 DI Yogyakarta mengalami peningkatan sejak pertengahan Desember 2020. Hingga kini, persentase keterpakaian tempat tidur di rumah sakit di DI Yogyakarta mencapai 83,07 persen.

Berikutnya, Banten. Saat ini, keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 di Banten menyentuh angka 87,4 persen. Dewi menyebut, penggunaan tempat tidur di rumah sakit di Banten mengalami fluktuatif sejak September hingga Desember 2020.

"Kemudian Sulawesi Tengah sama Lampung. Sulawesi Tengah sekarang 74,9 persen, Lampung 70,3 persen," jelasnya.

Menurut Dewi, keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 Sulawesi Tengah dan Lampung sempat berada di bawah 50 persen sebelum Januari 2021. Namun, terjadi peningkatan signifikan memasuki pertengahan Januari 2021.

"Terakhir Kaltim. Kasusnya sama mereka baru menginjak di atas 70 persen mulai dari pertengahan Januari. Kalau kita lihat angka-anga sebelumnya mungkin stabil 60 persen, 50 persen, tiba-tiba naik lagi di bulan Januari. Sekarang 72,7 persen," tandasnya.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.