Sukses

Jokowi: Keselamatan yang Utama di Bidang Transportasi

Jokowi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membenahi manajemen dalam dunia penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini memantau posko evakuasi Sriwijaya Air SJ 182 di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2.

Dalam kesempatan itu, dia meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membenahi manajemen dalam dunia penerbangan.

"Terutama pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat-pesawat yang akan terbang demi keselamatan masyarakat, demi keselamatan penumpang," kata Jokowi di JICT 2, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Dia pun mengingatkan, dalam dunia transportasi bukan hanya penerbangan saja tapi semua, keselamatan adalah prioritas utama dalam bidang transportasi.

"Keselamatan adalah yang utama," jelas Jokowi.

Karena itu, dia menginstruksikan Menhub dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis hasil investigasi insiden jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182.

"Saya minta segera ditindaklanjuti, baik oleh KNKT maupun Menteri Perhubungan," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lakukan Peninjauan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambangi posko pencarian Sriwijaya Air SJ 182 di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Rabu (20/1/2021). Dia tiba pada pukul 14.00 WIB.

Kehadiran Jokowi disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono.

Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana bahan panjang berwarna hitam. Bagian mulut ditutupi masker N95.

Jokowi mendatangi posko Basarnas dan Posko TNI AL. Terlihat komandan yang bertugas di perairan Kepulauan Seribu memberikan laporan secara virtual terkait perkembangan pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Jokowi juga menyaksikan pemberian santunan yang dilakukan oleh Dirut Jasa Rahaja dan Dirut Sriwijaya Air kepada ahli waris atau keluarga korban.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi instansi yang terlibat dalam operasi SAR terkait pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu sore 9 Januari 2021.

"Terima kasih dan apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepada tim SAR gabungan Menhub, Basarnas, TNI, Polri dan KNKT serta seluruh unsur atas kerja keras sejak awal musibah sampai saat ini. Kita tahu telah ditemukan serpihan yang besar maupun kecil dan kotak hitam juga sudah. Tinggal menunggu sekarang ini yang CVR," ujar dia.

Usai memberikan sambutan, Jokowi sempat menyapa keluarga korban sebelum meninggalkan JICT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Sriwijaya Air merupakan maskapai penerbangan Indonesia yang didirikan oleh keluarga Lie dengan Johannes Bundjamin dan Andy Halim.

    Sriwijaya Air