Sukses

Berharap Masih Hidup, Kerabat Minta Harun Masiku Serahkan Diri ke KPK

Kabar meninggalnya Harun Masiku bergulir seiring dengan upaya KPK memburu mantan Caleg PDIP itu karena tersandung kasus suap PAW anggota DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Daniel Topan Masiku berharap kerabatnya, mantan Caleg PDIP Harun Masiku masih hidup. Dia berharap kabar soal meninggalnya Harun Masiku tidak benar.

Daniel pun meminta kepada Harun Masiku untuk segera menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Daniel, dengan menyerahkan diri ke KPK, setidaknya pihak keluarga dapat kepastian bahwa Harun masih hidup.

"Saya justru kaget (mendengar berita Harun meninggal). Jadi kita tentu berdoa semoga berita itu tidak benar. Saya juga bertanya, ya, apakah ada informasi yang bisa berguna bagi keluarga," ujar Daniel usai diperiksa penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Daniel mengaku, dirinya diselisik soal keberadaan Harun Masiku yang hingga kini masih buron. Kepada penyidik, dia menyatakan tidak pernah lagi berkomunikasi dengan Harun selama menjadi buron.

"Ya saya bilang enggak ada informasi (keberadaan Harun). Saya, terakhir saya bertemu itu mungkin 3 atau 4 tahun yang lalu," kata dia.

Sebagai kerabat dekat, Daniel menyatakan siap memberikan informasi kepada penyidik jika mengetahui keberadaan Harun. Bahkan, Daniel berharap Harun Masiku bisa segera ditemukan pihak KPK.

"Harapan saya supaya segera bisa ditemukan, tentu itu juga harapan dari keluarga. Saya pribadi, karena masih ada saudaranya, ya, saya secara pribadi meminta segera menyerahkan diri. Supaya segara ada kepastian bagi dia, kepastian bagi keluarga," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar Kematian Harun Masiku

Diberitakan sebelumnya, KPK menyatakan belum menerima informasi valid mengenai dugaan meninggalnya Harun Masiku.

Hal ini menanggapi pernyataan Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengenai dugaan meninggalnya mantan Caleg PDI Perjuangan, Harun Masiku.

"Sejauh ini tidak ada informasi valid yang KPK terima terkait meninggalnya buronan tersebut," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (12/1/2021).

Meski sejak ditetapkan sebagai buronan pada Januari 2020 KPK belum menemukan keberadaan Harun Masiku, namun Ali menegaskan masih menunggu bukti valid terkait kebenaran meninggalnya mantan Caleg PDIP itu.

"Semisal dokumen kematian atau setidaknya jejak kematian untuk menentukan seseorang secara hukum dinyatakan meninggal dunia," kata Ali.

Maka dari itu, KPK menegaskan tetap akan melakukan pencarian terhadap Harun dan buronan lainnya. Menurut Ali, setidaknya ada sisa sekitar tujuh daftar pencarian orang (DPO) yang menjadi kewajiban KPK untuk menuntaskannya.

"KPK tetap melakukan pencarian para DPO KPK. Sisa ada 7 DPO saat ini, Harun masiku, Samin Tan, Surya Darmadi, Syamsul Nursalim, Itjih Nursalim, Izil Azhar, dan Kirana Kotama," kata Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.