Sukses

Agar Pelanggar Protokol Kesehatan Sadar Covid-19 Itu Nyata

Tujuhbelas orang turun dari mobil Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Tangerang Selatan menuju Tempat Pemakaman Umum Jombang, Senin (18/1/2021). Petugas meminta belasan orang itu mendoakan arwah yang meninggal dunia karena terjangkit Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Tujuhbelas orang turun dari mobil Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Tangerang Selatan menuju Tempat Pemakaman Umum Jombang, Senin (18/1/2021). Petugas meminta belasan orang itu mendoakan arwah yang meninggal dunia karena terjangkit Covid-19.

Belasan orang itu adalah pelanggar protokol kesehatan di wilayah Tangerang Selatan. Razian digelar di tiga titik di Tangsel. Mayoritas warga yang terjaring adalah mereka yang tidak menggunakan masker.

Berdoa di pemakaman khusus korban Covid-19 adalah upaya Pemkot Tangsel menekan angka penyebaran wabah Corona di wilayah tersebut. Berdasarkan laman https://lawancovid19.tangerangselatankota.go.id/ per Selasa 19 Januari 2021, 4396 warga terkonfirmasi Covid-19 dengan rincian; 3604 orang sembuh, 551 dirawat, dan 241 meninggal dunia.

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel Muksin Al Fachry mengatakan, menghukum dengan cara berdoa di area pemakaman korban Covid-19 dimaksudkan untuk mengingatkan mereka bahaya yang terjadi bila abai pada protokoler kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari yang berakibat pada kematian.

"Agar masyarakat Tangerang Selatan memahami dan menyadari," kata Muksin.

Kepala Satuan Sabhara Polres Tangsel AKP Ii Sutasman yang memimpin operasi kepatuhan protokol kesehatan (prokes) tersebut mengatakan, sanksi ziarah kubur yang diberikan kepada para pelanggar prokes di Tangsel adalah yang pertama sejak operasi kepatuhan digelar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

"Kami Forkopimda Kota Tangsel, TNI, Polri dan Satpol PP melakukan pendisiplinan masyarakat terhadap prokes, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi dan zona merah di Tangsel," kata Ii Sutasman.

Ii mengaku, operasi kepatuhan prokes tersebut sudah sering dan rutin digelar. Namun, kesadaran masyarakat Tangsel terhadap penggunaan masker masih rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.