Sukses

Jokowi Janji Bantu Perbaiki Rumah Warga Korban Gempa Sulbar hingga Rp 50 Juta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai, evakuasi masyarakat ke dalam pos pengungsian bencana gempa di Sulawesi Barat sudah dilakukan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai, evakuasi masyarakat ke dalam pos pengungsian bencana gempa di Sulawesi Barat sudah dilakukan dengan baik. Hal ini diketahui, usai Jokowi melihat langsung situasi di lapangan dalam kunjungan kerjanya ke Majene dan Mamuju.

"Pengungsi terkelola dengan baik, yang ingin saya pastikan saya datang ke sini. Dan untuk tadi saya sudah sampaikan ke gubernur untuk gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera lapor ke pemerintah pusat akan bangun kembali," kata Jokowi saat jumpa pers di lokasi, Selasa (19/1/2021).

Jokowi menambahkan, terhadap rumah penduduk yang roboh akibat gempa, pemerintah jamin akan membantu. Bantuan akan disalurkan lewat uang dengan jumlah berbeda, tergantung pada tingkat kerusakan.

"Untuk yang rusak berat Rp 50 juta, untuk yang rusak sedang Rp 25 juta, dan untuk yang rusak ringan berarti yang retak-retak Rp 10 juta," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Segera Pulih

Jokowi berharap dengan bantuan dari diberikan maka kondisi masyarakat segera pulih. Baik rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan pelayanan di pemerintahan, birokrasi, bisa segera kembali normal.

"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Terakhir, saya ingin sampaikan rasa duka cita yang mendalam atas korban 80 orang yang meninggal, yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran," Jokowi menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    Gempa Sulbar

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa