Sukses

Jelang Uji Kelayakan Calon Kapolri, Fraksi PDIP Rotasi Johan Budi ke Komisi III DPR

Pemindahan Johan Budi ke Komisi III tertuang dalam surat Fraksi PDIP DPR RI Nomor 04/F-PDIP/DPR RI/I/2021.

Liputan6.com, Jakarta Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR RI melakukan rotasi lima anggotanya dan dipindahkan ke komisi lain. Salah satu yang dirotasi adalah mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, dari Komisi II ke Komisi III atau Komisi hukum DPR.

Pemindahan Johan Budi ke Komisi III tertuang dalam surat Fraksi PDIP DPR RI Nomor 04/F-PDIP/DPR RI/I/2021.

Adanya rotasi tersebut dikonfirmasi oleh Sekretaris Fraksi PDIP DPR Bambang Wuryanto.

"Benar ada rotasi," kata Bambang saat dikonfirmasi, Selasa (19/1/2021).

Terkait alasan pemindahan Johan Budi ke Komisi III, Bambang mengaku pihaknya belum bisa memberikan penjelasan. Untuk diketahui Komisi III DPR akan menggelar uji kelayakan calon Kapolri baru, Komjen Listyo Sigit Prabowo, pada Rabu (20/1/2021) besok.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Nama Lain yang Ikut Dirotasi

Selain Johan Budi, nama lain yang dirotasi yang juga menjadi sorotan adalah Ribka Tjiptaning. Ribka yang dengan tegas menolak vaksin itu dipindah dari Komisi IX atau Komisi Kesehatan ke Komisi VII terkait perminyakan.

Selain dua nama tersebut, nama lain yang turut dirotasi Ihsan Yunus dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi anggota Komisi II, Gilang Dhielfararez dari Komisi VI ke Komisi III, dan Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.