Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Penyintas Covid-19 Lakukan Donor Plasma Konvalesen

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta para penyintas Covid-19 bisa untuk mendonorkan plasma konvalesen.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta para penyintas Covid-19 bisa untuk mendonorkan plasma konvalesen. Hal tersebut bertujuan agar menyembuhkan para pasien Covid-19.

"Khusus bagi para penyintas Covid-19 marilah kita bersama-sama mensyukuri nikmat kesembuhan dan keseharian yang dianugerahkan Allah SWT dengan menyatukan tekad dan langkah untuk membantu menyelamatkan sesama melalui donor plasma konvalesen. Setetes darah anda, sejuta harapan untuk mereka," kata Ma'ruf Amin saat memberikan sambutan diacara Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen, Senin (18/1/2021).

Ma'ruf Amin berharap gerakan tersebut dapat menggugah empati dan memotivasi para penyintas Covid-19 untuk bisa berkontribusi sukarela mendonorkan plasma konvalesen. Hal tersebut kata Ma'ruf sebagai wujud peduli kemanusiaan dalam membantu menyelamatkan nyawa manusia sehingga diharapkan mampu menekan angka kematian akibat Covid-19.

"Dalam kondisi seperti sekarang ini, solidaritas yang tinggi sangat diperlukan di masyarakat," jelas dia.

Ma'ruf juga mengimbau kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota untuk ikut berperan aktif dalam sosialisasi kepada kabupaten/kota sehingga penggalangan gerakan nasional tersebut dapat sesuai tujuan.

Menurut dia, hasil penelitian dan praktik penggunaan plasma konvalesen, tingkat efikasinya mencapai 60 sampai 90 persen. Hal tersebut telah dilakukan oleh PMI, Kementerian Kesehatan, hingga Rumah Sakit di Indonesia.

"Hasil penelitian maupun praktik penggunaan plasma konvalesen di Indonesia, seperti yang dilakukan oleh PMI dan Kementerian Kesehatan, serta beberapa Rumah Sakit utama di Jakarta, Yogyakarta dan Malang juga menunjukkan efikasi yang tinggi, yaitu antara 60% - 90%," kata Ma'ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Kurang

Pemerintah dan Palang Merah Indonesia (PMI) mencanangkan gerakan nasional plasma konvalesen hal tersebut untuk menangani pengobatan para penderita Covid-19. Dalam acara tersebut Menteri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi salah satu peserta plasma konvalesen.

"Yang saya hormati Bapak Menko Bidang Perekonomian bapak Airlangga Hartarto yang pada hari ini menjadi salah satu penyitas yang mendonorkan plasma konvalesennya," kata Menko PMK Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan dalam siaran telekonference, Senin (18/1/2021).

Dalam acara tersebut hadir juga secara daring Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla atau JK.

JK menyampaikan, sejak bulan Mei 2020 terhitung sudah 7.000 plasma konvalesen didonorkan kepada penderita, atau setara dengan 40 plasma per hari dan itu masih sangat kurang.

"Seluruh Indonesia permintaan plasma konvalesen ini kurang lebih 200. Artinya dibutuhkan pendonor sebanyak 5 kali lipat, Untuk itu para penyintas Covid mau menyumbangkan plasma darahnya sebagai tanda syukur telah sembuh dari Covid," kata JK.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.