Tim SAR Sriwijaya Air SJ 182 Masih Belum Temukan CVR di Hari Terakhir Pencarian

Oleh Yopi Makdori pada 18 Jan 2021, 17:19 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 17:21 WIB
FOTO: Puing Pesawat, Pakaian, dan Bagian Tubuh Korban Sriwijaya Air SJ 182 Dievakuasi
Perbesar
Tim SAR mengevakuasi kantong jenazah berisi puing, pakaian, dan bagian tubuh manusia pascajatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (12/1/2021). Temuan tersebut akan dibawa dan dikumpulkan ke Pelabuhan JICT II. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Tim SAR gabungan Sriwijaya Air SJ 182 di hari terakhir, Senin (18/1/2021) masih belum menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR).

Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Brigjen TNI Rasman MS mengatakan, salah satu faktornya tim Sar Sriwijaya Air SJ 182 tak bisa menemukan karena kondisi cuaca yang kurang mendukung pencarian korban.

"Kita paham bahwa kondisi hari ini memang kurang begitu baik untuk melaksanakan penyelaman yang kemungkinan penyelaman yang dilakukan pagi hari karena masih agak cerah. Namun begitu siang sudah tidak memungkinkan karena kecepatan angin sampai 26 knot," kata Rasman di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Jakarta Utara, Senin (18/1/2021).

Dengan kecepatan angin seperti itu, menurut dia, operasi penyelaman dirasa begitu berbahaya. Oleh karena itu, hasil yang didapat tim SAR gabungan Sriwijaya Air SJ 182 pun cukup berkurang ketimbang hari-hari sebelumnya.

"Itu berbahaya untuk rekan-rekan kita apabila memaksakan untuk menyelam. Sehingga hasilnya tidak begitu banyak, atau mungkin di bawah juga sudah sangat jauh berkurang," jelas Rasman.

 

2 dari 3 halaman

Terus Berkoordinasi

Rasman menuturkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna menentukan apakah pencarian bakal kembali dilanjutkan atau sebaliknya.

"Setelah proses ini selesai mohon untuk tetap di tempat, kita menunggu pengumuman dari Kabasarnas terkait masalah kelanjutan dari kegiatan operasi SAR ini. Saat ini masih dilaksanakan rapat evaluasi dan hasilnya seperti apa, nanti kita akan mendapatkan penjelasan. Apakah diteruskan atau selesai," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓