Sukses

Cegah Penyebaran COVID-19, Pengungsi Korban Gempa Sulbar Akan Diswab Antigen

Kepala BNPB Doni Monardo akan memberi alat test cepat antigen untuk memeriksa dan menelusuri adanya penularan COVID-19 di lingkungan pengungsian korban gempa Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNPB Doni Monardo yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengatakan akan memberi alat test cepat antigen untuk memeriksa dan menelusuri adanya penularan COVID-19 di lingkungan pengungsian korban gempa Sulawesi Barat.

“Nanti akan ada proses swab antigen, untuk kita menjamin para pengungsi tidak terpapar COVID-19,” kata Doni, Minggu, 17 Januari 2021.

Apabila terdapat warga pengungsi yang reaktif COVID-19 usai swab antigen, maka akan segera mendapatkan tindak lanjut dari Dinas Kesehatan setempat.

Selain itu, Doni juga meminta penangananan pengungsian warga yang terdampak gempa di Sulbar agar memisahkan antara kelompok rentan dengan usia muda guna mencegah penularan dan mengantisipasi adanya potensi risiko penyebaran COVID-19 di tempat pengungsian.

Pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 06.32 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah kembali terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 di Kabupaten Majene.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Susulan Masih Akan Terjadi

BMKG juga memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. Untuk itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan.

BNPB juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu. Selain itu, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    Gempa Sulbar

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

    BNPB

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    gempa sulawesi barat

  • Pengungsi