Sukses

Ketua MPR Minta BNPB Optimalkan Petugas untuk Penanganan Bencana

Bamsoet meminta BNPB, BPBD, dan Tagana untuk mengoptimalkan petugas mengingat bencana alam terjadi di beberapa wilayah.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet ini meminta BNPB, BPBD, dan Tagana untuk mengoptimalkan petugas mengingat bencana alam terjadi di beberapa wilayah.

"Saya juga mendesak BNPB, BPBD dan Tagana untuk dapat mengoptimalkan jumlah petugas dan relawan yang disebar ke daerah-daerah terdampak banjir maupun gempa, agar pelaksanaan penyelamatan serta pemberian bantuan kepada korban dapat dilaksanakan secara paripurna," kata Bamsoet, Minggu (17/1/2021).

Dia juga meminta, disituasi seperti sekarang ini masyarakat juga harus waspada.

"Tahun 2021 baru memasuki pertengahan bulan Januari, namun sudah banyak terjadi bencana alam di Indonesia. Untuk itu, saya menghimbau agar kita semua tetap waspada," tutur Bamsoet.

Dia juga berharap, Kemensos bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan BNPB untuk melaksanakan proses evakuasi yang aman bagi warga yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.

"Sekaligus menyiapkan tempat penampungan bagi warga, bantuan-bantuan yang dibutuhkan para korban bencana seperti tenda, selimut, obat-obatan, serta dapur umum dan MCK," kata Bamsoet.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenkes Juga Diminta Turun

Bamsoet juga meminta Kementerian Kesehatan untuk turun. Guna membangun posko kesehatan.

"Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan harus segera membangun posko kesehatan serta menyediakan tenaga medis yang mumpuni dalam menangani korban, baik korban banjir maupun korban gempa. Sehingga warga yang sakit maupun yang terluka dapat segera tertangani dengan baik," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.