Sukses

TNI AU Bantu Evakuasi Penduduk Mamuju Terdampak Gempa ke Makassar

Indan Gilang Buldansyah mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk membantu warga terdampak Gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk membantu warga terdampak Gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, dengan salah satunya mengerahkan dua pesawat Hercules.

Dia menuturkran, selain untuk membantu mendistribusikan bantuan kepada korban terdampak gempa, salah satunya sempat digunakan untuk membantu evakuasi warga Mamuju menuju Makassar.

"Pesawat C-130 Hercules TNI AU juga melakukan evakuasi penduduk Mamuju menuju Makassar sejumlah 89 orang dewasa dan 13 anak," kata Indan dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).

Selain itu, TNI AU juga membantu evakuasi dua pasien.

"(Evakuasi) 2 pasien, dalam kondisi koma dan pasca melahirkan," jelas Indan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mempercepat Pendistribusi Bantuan

Indan menjelaskan, dua pesawat Hercules yang diterjunkan TNI AU adalah pesawat Hercules C-130 dan pesawat Hercules A-1337. Menurut dia, ini membantu pendistribusian bantuan.

"TNI AU melakukan pendistribusian bantuan kepada korban bencana alam di Mamuju, Majene, Sulawesi Barat serta Kalimantan Selatan. Operasi Bantuan Kemanusian ini guna percepatan pendistribusian bantuan, sebanyak dua pesawat Hercules diberangkatkan guna mengangkut bantuan logistik dan pasukan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.