Sukses

Gelar Munas, IKA Usakti Berharap Wujudkan Trisakti Solid Indonesia Jaya

Penguatan sinergitas alumni Trisakti perlu diperkuat demi meningkatkan kontribusi alumni terhadap bangsa dan negara, termasuk almamater tercinta.

Liputan6.com, Jakarta - Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA Usakti) direncanakan berlangsung pekan depan, tepatnya Sabtu 23 Januari 2021 di Jakarta. Azis Syamsuddin, yang saat ini mendapat amanah sebagai Wakil Ketua DPR RI, digadang-gadang sebagai calon kuat Ketua Umum IKA Usakti menggantikan Saidu Solihin. Azis merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti angkatan 1990.

Ketua Bidang Pariwisata Seni Budaya dan Olah Raga IKA Usakti, Tedjodiningrat Broto Asmoro mengatakan, Munas IKA Usakti merupakan sarana dan momentum bagi para alumni Trisakti dalam merumuskan dan menjangkau strategi-strategi jitu yang visibel.

Sehingga rumusannya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis baik dalam ruang lingkup ikatan alumni sebagai sebuah organisasi, ruang lingkup Universitas Trisakti sebagai sebuah Perguruan Tinggi, maupun ruang lingkup Indonesia sebagai sebuah negara.

Lebih lanjut mantan aktivis mahasiswa 98 ini mengatakan Munas IKA Usakti harus menjadi momentum mewujudkan IKA Usakti sebagai sebuah organisasi yang memiliki sumber daya alumni yang optimal, yang selalu mengedepankan prinsip kekeluargaan, kebersamaan, sinergitas, dan kolaborasi, yang memiliki marwah untuk menjadi mitra pembangunan pemerintah.

"Untuk membuat semua hal itu terwujud, Munas IKA Usakti harus dijalankan secara bermartabat, beretika, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi," tutur Tedjo, dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).

Berkaitan dengan proses pemilihan IKA Usakti sebagai salah satu agenda dalam Munas IKA Usakti yang akan berlangsung minggu depan, secara prinsip, kata Tedjo, harus selalu menjunjung tinggi aspek-aspek konstitusional yang sudah tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga IKA Usakti sehingga proses yang dilahirkan sah dan dapat dipertanggung jawabkan secara konstitusional.

Dengan begitu, lanjut dia, meskipun tentu pada prosesnya nanti muncul dinamika, namun akan tetap berlangsung dalam koridor ciri khas sisi ke-Trisakti-an yang humanis, bersahabat dan erat rasa kekeluargaanya, serta kental rasa saling memilikinya.

"Pandangan ini saya buat, tiada lain muncul dari kesadaran dan kebanggaan sebagai individu yang pernah ditempa sebagai mahasiswa Universitas Trisakti, yang selalu diajarkan untuk terus mengamalkan segala ilmu dan pengetahuan yang saya miliki sebagaimana tertuang di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Tedjo yang juga akrab dipanggil Mas Kanjeng.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandidat Ketua Umum IKA Usakti

Mengenai kandidat yang akan menjadi Ketua Umum IKA Usakti, Mas Kanjeng berharap dapat mewujudkan slogan Ika Usakti yaitu Trisakti Solid Indonesia Jaya, misalnya dengan mendorong alumni Trisakti masuk pada kebutuhan pasar tenaga kerja yang kompeten.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya punya visi dan misi menguatkan kemitraan antara IKA Usakti dan Universitas Trisakti sehingga dapat mendorong Trisakti menjadi universitas berskala internasional.

Harapan Mas Kanjeng lainnya adalah adalah penguatan sinergitas antaralumni hingga level nasional. Banyak alumni berprestasi dan telah berkontribusi kepada Indonesia belum terekspos. Para alumni tersebut juga perlu dirangkul untuk meningkatkan kecintaan kepada almamater Trisakti.

"Intinya, saya berharap seluruh civitas akademi baik itu karyawan alumni, dosen-dosen yang merupakan keluarga besar Universitas Trisakti harus solid saling suport, saling mendukung untuk mewujudkan Indonesia Jaya," pungkas Tedjo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.