BNPB Terus Lakukan Pencarian Warga yang Terjebak Reruntuhan Gempa Sulbar

Oleh Delvira Hutabarat pada 16 Jan 2021, 17:47 WIB
Diperbarui 16 Jan 2021, 17:47 WIB
Evakuasi Korban Gempa Mamuju Tetap Dilanjutkan
Perbesar
Tim penyelamat mencari korban di sebuah bangunan yang runtuh di kota Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021). Jalan dan jembatan yang rusak, pemadaman listrik, dan kurangnya alat berat menghambat evakuasi setelah gempa bermagnitudo 6,2 SR yang melanda Majene- Mamuju. (Hariandi Hafid/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus mendata terkait jumlah korban atau orang yang terjebak dalam bangunan yang roboh akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

"Terkait dengan jumlah penduduk yang harus diselamatkan atau yang masih terjebak, ini masih dalam proses inventarisasi, dan asesmen di lapangan, berkoordinasi dengan pemda dan jajaran kecamatan dan desa. Perlu dipahami bahwa aparat desa dan kecamatan itu juga terdampak sehingga masih kita butuhkan waktu," kata Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati, dalam konpers daring, Sabtu (16/1/2021).

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa hingga kini pihaknya masih melakukan pencarian intensif untuk menemukan warga yang masih terjebak reruntuhan akibat gempa. Salah satunya dengan menerjunkan K9 dan alat berat.

"Upaya yang kita lakukan diantaranya dengan menerjunkan tim K-9. Dengan begitu maka identifikasi bangunan-bangunan runtuh yang masih ada warga yang masih bisa diselamatkan dapat segera kita identifikasi," ujar Raditya. 

Sementara itu, terkait update korban meninggal dunia akibat gempa magnitudo 6,2 yang terjadi Jumat dini hari, 15 Januari kemarin di Provinsi Sulawesi Barat, kini telah mencapai 46 orang.

 

2 dari 3 halaman

37 Orang Meninggal di Mamuju, 9 di Majene

Rinciannya adalah 37 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 9 orang di Kabupaten Majane.

"Sehingga total 46 orang meninggal dunia,"  kata kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Sabtu (16/1/2021) sore.

Sementara, korban luka-luka sebanyak 826 orang. "Terdapat 415 rumah rusak di Mamuju, masih proses pendataan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓