Sukses

Jokowi: Kita Ingin Lakukan Banyak Lompatan Meski dalam Kondisi Krisis

Jokowi menyatakan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya yang luar biasa dalam menangani krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya yang luar biasa menangani krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Kendati begitu, dia menekankan Indonesia bukan hanya ingin keluar dari krisis karena pandemi Covid-19.

"Tentu saja kita bukan hanya ingin keluar dari krisis, tapi ingin melakukan banyak lompatan walaupun dalam kondisi krisis," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional III Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) secara virtual, Jumat (15/1/2021).

Menurut dia, salah satu lompatan yang dilakukan yakni, dengan memperbaiki ekosistem perekonomian nasional melalui UU Cipta Kerja. Kemudian, melalui reformasi birokrasi dan kepastian hukum serta pembentukan Indonesia Investment Authority.

"Ini adalah sebuah Sovereign Wealth Fund, yang semua negara memiliki dan kita baru saja memiliki ini dan berbagai inovasi lain," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Lapangan Kerja dan Peluang Usaha

Jokowi berharap upaya yang dilakukan pemerintah dapat membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Dia ingin peluang usaha dapat tumbuh dan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) dapat naik kelas.

"Kemiskinan bisa dientaskan dan pemerataan pembangunan bisa kita tingkatkan," ucap Jokowi.

Jokowi mengajak kader KAHMI untuk berkontribusi mengembangkan terobosan-terobosan baru di berbagai bidang. Khususnya, dalam pengembangan sumber daya manusia, inovasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dan kewirausahaan di kalangan generasi muda.

"Sebagai salah satu kekuatan strategis bangsa, saya mengharapkan peran besar kahmi dalam berbagai bidang," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.