Sukses

Alami Pusing Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Nakes Kota Bogor Jalani Observasi

Hendra mengalami pusing di bagian kepala belakang dan badannya tiba-tiba lemas beberapa saat setelah disuntik vaksin Covid-19 dari Sinovac.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang peserta mengeluh pusing usai disuntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Kamis (14/1/2021). Peserta penerima vaksin itu langsung dilarikan ke ruang observasi.

Peserta penerima vaksin tersebut diketahui bernama Hendra, karyawan yang bertugas di gudang farmasi RSUD Kota Bogor.

Hendra mengalami pusing di bagian kepala belakang dan badannya tiba-tiba lemas beberapa saat setelah disuntik vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China.

Hendra menuturkan bahwa sebelum disuntik vaksin Covid-19 kondisi tubuhnya dalam kedaan sehat dan segar. “Setelah selesai disuntik, kepala saya langsung pusing-pusing,” tutur Hendra.

Saat ini dia berada di ruang khusus RSUD Kota Bogor dengan bantuan alat pernapasan.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, karyawan RSUD Kota Bogor kini sedang menjalani observasi. Karena setiap penerima vaksin yang mengalami gejala apapun harus diobservasi.

“Masih diobservasi, saya rasa penting setiap kejadian itu kita cermati. Saya minta tadi jangan dulu pulang sebelum gejala itu hilang. Selama masih ada gejala harus tetap diobservasi,” terangnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Normal Sebelum Divaksin

Sementara itu, petugas vaksinasi RSUD, dr. Nelwan menyebutkan, seorang peserta yang mengalami pusing usai disuntik vaksin itu, sebelumnya telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan sehingga lolos untuk menjalani vaksinasi.

“Kondisi kesehatannya normal, tensi normal, detak nadi juga normal, termasuk suhu tubuh normal. Sehingga lolos untuk disuntik vaksin. Tidak ada penyakit bawaan dan sudah di screening aman bisa di vaksin. Memang setelah disuntik tadi, ternyata ada keluhan pusing di kepala,” ucapnya.

Vaksinasi Covid-19 gelombang pertama digelar di RSUD Kota Bogor, Kamis (14/1/2021). RSUD Kota Bogor mendapat jatah sebanyak 40 dosis bagi tenaga kesehatan (Nakes) dan karyawan di rumah sakit tersebut.

Di hari yang sama, vaksinasi Covid-19 juga berlangsung di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor. Sebanyak 10 pejabat di Kota Hujan menjadi penerima vaksin Covid-19 gelombang pertama.

Adapun sepuluh pejabat yang divaksin gelombang pertama adalah Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim, Kolonel Inf. Robby Bulan Dandim 0606 Kota Bogor, Kombes Susatyo Purnomo Condro Kapolresta Bogor Kota.

Kemudian, Herry H Horo Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor, Nenny Yulianny Ketua Pengadilan Negeri Kota Bogor, Letkol CPM Sutrisno Dandenpom III/I-SLW, Brigjen TNI Achmad Fauzi Danrem 061/SK, dr. Sri Nowo Retno Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr Ilham Chaidir Direktur RSUD Kota, dan Edi Kholki Zaelani Sekretaris Komisi Kajian dan Penelitian MUI Kota Bogor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.