Sukses

Eks Pimpinan KPK Yakin Penunjukan Komjen Listyo Sebagai Calon Kapolri Sesuai Syarat

Menurut dia, Komjen Listyo Sigit] memiliki kemampuan variatif profesionalitas di bidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum dari Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua KPK, Indriyanto Senoadji meminta masyarakat tidak meragukan kemampuan Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang dicalonkan tunggal sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo ke DPR RI.

Menurut dia, Komjen Listyo Sigit memiliki kemampuan variatif profesionalitas di bidang reserse kriminal (reskrim) sebagai karakteristik dan front gate penegakan hukum dari Polri.

“Jadi, tidak perlu diragukan kemampuan operasional penegakan hukum dan managerial SDM kelembagaan Polri,” kata Indriyanto pada Rabu, 13 Januari 2021.

Selain itu, Indriyanto meyakini penunjukan Komjen Listyo Sigit untuk menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021, sudah melalui prosedur di internal Korps Bhayangkara.

“Dipastikan penunjukan Jenderal Listyo Sigit telah memenuhi persyaratan dari internal kelembagaan Wanjakti Polri, bahkan juga Kompolnas sebagai kelembagaan eksternal, baik syarat kapabilitas, integritas dan kompetensi beliau sebagai calon Kapolri,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tantangan Calon Kapolri

Sementara itu, Indriyanto melihat tantangan Komjen Listyo Sigit ke depan sebagai pemimpin di Kepolisian Republik Indonesia tetap pada kondisi pandemik COVID-19. Tentu, pendekatannya adalah kamtibmas secara persuasif dan penegakan hukum yang tegas.

“Baik terhadap pelaksanaan ketat protokol kesehatan COVID-19, pula atensi pada persiapan Pilkada Serentak, dan gangguan keamanan terkait sikap gerak radikalisme yang menciptakan instabilitas kekuasaan negara yang sah,” jelas dia.

Oleh karena itu, Indriyanto mengingatkan bahwa sepanjang tahun 2021 ini memang kondisi yang tidak ringan dari Kapolri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara luas dari negara.

“Polri tetap menjaga komunikasinya dengan representasi elemen media, lembaga swadaya masyarkarat maupun tokoh masyarakat sebagai pilar penguatan negara,” tandasnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo mengajukan calon tunggal Kapolri, Komisaris Jenderal Listyo Sigit ke DPR.

"Surpres telah kami terima yang mana Bapak Presiden mengajukan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.