Pemprov DKI Mulai Distribusikan Bansos Tunai di Jakarta Timur

Oleh Ika Defianti pada 13 Jan 2021, 12:38 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 12:38 WIB
FOTO: Bantuan Sosial Pemerintah Pusat Siap Disalurkan
Perbesar
Paket bansos terlihat di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos sebesar Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Irmansyah mengatakan, pendistribusian bantuan sosial (bansos) tunai atau BST untuk warga terdampak Covid-19 telah dimulai sejak Selasa, 12 Januari 2021.

Dia menyebut, pemberian bansos tersebut terbagi menjadi dua yakni dari pemerintah pusat dan dari Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta.

"Kota Administrasi Jakarta Timur menjadi wilayah pertama yang mendapatkan BST," kata Irmansyah dalam keterangan tertulis, Rabu (13/1/2021).

Dia menjelaskan, untuk program BST tersebut per kepala keluarga akan mendapatkan bantuan selama empat bulan, yakni mulai Januari hingga April 2021.

Menurut Irmansyah, sebanyak 750 ribu kepala keluarga di Jakarta akan mendapatkan bansos tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos) dengan mekanisme melalui PT Pos Indonesia (Persero).

"APBD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.055.216 KK dan disalurkan ke rekening penerima BST melalui Bank DKI dalam bentuk kartu tabungan dan kartu ATM Bank DKI," papar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dapat Undangan

FOTO: Melihat Proses Pengemasan Bantuan Sosial Pemerintah Pusat
Perbesar
Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah pusat menyalurkan paket bansos selama tiga bulan untuk mencegah warga mudik dan meningkatkan daya beli selama masa pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, menurut Irmansyah, untuk penerima dari Pemprov DKI Jakarta, warga akan mendapatkan undangan maksimal H-1 sebelum pelaksanaan distribusi.

Irmansyah juga menyatakan, untuk proses penyaluran BST dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mempersiapkan pelaksanaan distribusi BST, Pak Wali Kota beserta jajarannya, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu," jelas dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Penyaluran Bansos Corona di Daerah Terkendala Birokrasi

Infografis Penyaluran Bansos Corona di Daerah Terkendala Birokrasi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Penyaluran Bansos Corona di Daerah Terkendala Birokrasi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya