Sukses

FDR Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, CVR Masih Dicari

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan tim SAR gabungan menemukan Flight Data Recorder (FDR), salah satu bagian dari kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan tim SAR gabungan berhasil menemukan Flight Data Recorder (FDR), salah satu bagian dari kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Satu lagi bagian benda yang aslinya berwarna oranye itu, yakni Cockpit Voice Recorder (CVR), masih dicari.

"Satu lagi CVR masih perlu dicari tanpa bantuan pengirim sinyal tersebut," tutur Hadi soal kotak hitam Sriwijaya Air di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021).

Pengirim sinyal yang dimaksud Hadi adalah pinger yang memang terdapat di kotak hitam. Tim SAR menemukan pinger yang melekat pada CVR itu dalam kondisi terpisah.

"Kami meyakini karena semua pengirim sinyal CVR juga ditemukan di lokasi itu, maka dengan keyakinan yang tinggi cockpit voice recorder dapat segera ditemukan," jelas Hadi soal pencarian black box Sriwijaya Air SJ 182.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penemuan FDR

FDR sendiri ditemukan sekitar pukul 16.00 WIB. Awalnya pukul 14.00 WIB, Kepala Staf Angkatan Laut melaporkan penemuan pinger FDR, yang kemudian disusul dengan temuan FDR dan pinger VCR.

"FDR sudah ditemukan," Hadi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.