Sukses

Menkes Buka Wacana Libatkan TNI-Polri untuk Lakukan Tracing Covid-19

Budi Gunadi Sadikin membuka wacana melibatkan TNI dan Polri untuk melakukan tracing Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membuka wacana melibatkan TNI dan Polri untuk melakukan tracing Covid-19. Hal ini untuk mengatasi kebutuhan Sumber Daya Manusia yang masih kurang dalam melakukan hal tersebut.

Wacana ini dilemparkan olehnya saat melakukan rapat kerja dengar pendapat dengan Komisi IX DPR RI.

Dia pun sudah berbicara dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bahwa ada 30.000 personel Bintara Pembina Desa atau Babinsa yang bisa membantu melakukan tracing Covid-19 ini.

"Saya sudah bicara dengan Panglima, Panglima memiliki 30 ribu babinsa yang kita bisa akses," kata Budi di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Bahkan, dia pun sudah berbicara dengan mantan Kapolri yang sekarang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, bahwa dirinya bisa mengakses personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas. Ada juga Linmas yang bisa melakukan tracing Covid-19.

"Kita bisa pakai, bisa ajarkan bagaimana lakukan tracing," ungkap Budi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang Terdekat

Budi menjelaskan, dengan mengaktifkan Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun Linmas, maka akan mempermudah lakukan tracing Covid-19 di lingkungan terkecil.

"Jadi kalau ada keluarga kita yang kena, kita bisa minta Babinsa, Bhabinkamtibmas atau Linmas karena mereka ada terdekat di seluruh Indonesia untuk bisa lakukan tracing, at least 30 kontak eratnya," kata dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.