Malam Ini, Basarnas Fokus Cari Titik Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182

Oleh Lizsa Egeham pada 09 Jan 2021, 20:21 WIB
Diperbarui 09 Jan 2021, 21:59 WIB
Sriwijaya Air
Perbesar
Sriwijaya Air (Dok.Instagram/@sriwijayaair/https://www.instagram.com/p/BYXjxF0n2oR/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) akan fokus mencari titik lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak pada Sabtu (9/1/2021) malam. Pesawat itu hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

"Malam ini konsen kita adalah mencari titik lokasi di mana tepatnya pesawat itu dimungkinkan jatuh dengan harapan malam ini mendapatkan lokasi yang pasti," ujar Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Bambang Suryohadi di Jakarta, Sabtu malam.

Dengan begitu, Basarnas berharap dapat melakukan pencarian dan pendalaman korban jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan SJ-182 itu. Adapun diperkirakan kedalaman di Pulau Lancang dan Pulau Laki sekitar 20 sampai 23 meter.

"Kita belum tahu pasti di mana lokasinya," ucap Bambang.

Menurut dia, Basarnas menerima informasi hilang kontak pesawat Sriwijaya Air sekitar pukul 14.55 WIB. Basarnas pun segera mengirimkan tim ke titik yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat.

"Beberapa informasi di lapangan bahwa ditemukan beberapa serpihan-serpihan dari yang dicurigai, kita masih belum memastikan bahwa itu adalah bagian dari pesawat Sriwijaya," jelas dia.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Liputan6.com, pesawat tersebut membawa 50 orang penumpang. Mereka terdiri dari 40 penumpang dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi.

Selain itu, kru yang bertugas di pesawat tersebut berjumlah 12 orang, yang terdiri dari kapten pilot, kopilot dan empat orang pramugari serta pramugara (flight attendant). Sedangkan enam kru lain sedang tak bertugas.

Bertindak selaku Kapten Pilot pesawat SJY 182 tersebut adalah Afwan dengan Kopilot (first officer) Diego Mamahin. Kemudian, ada pramugara Dhika dan Oky Bisma serta pramugari Mia Trestiyanti dan Gita Lestari.

 

2 dari 3 halaman

Keluarga Korban Berdatangan

Sementara itu, Costumer Service Sriwijaya Air di Terminal 2D, Bandara Internasional Soekarno Hatta, mulai didatangi keluarga korban Sriwijaya Air SJ-182 tujuan Jakarta-Pontianak.

Area yang biasa dijadikan costumer service tersebut, saat ini diubah menjadi kawasan crisis center untuk peristiwa ini.

"Pengaduan pesawat Sriwijaya yang jatuh dimana ya?" tanya seorang pria kepada petugas keamanan setempat.

Lalu, oleh petugas diarahkan masuk ke dalam ruangan perkantoran maskapai.

Pria tersebut tampak lesu, matanya berair dan memerah. Meski wajahnya tertutup masker, tersirat kesedihan dan kecemasan. Kuat dugaan pria tersebut merupakan kerabat dari penumpang yang ada di pesawat SJ-182.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓