Sukses

Wagub DKI: Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Dilakukan Pertengahan Januari 2021

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama itu akan diberikan kepada para tenaga medis dan mahasiswa yang menjalani pendidikan profesi kedokteran di fasilitas pelayanan kesehatan di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Ibu Kota rencananya akan dilakukan pada pertengahan Januari 2021.

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama tersebut akan diberikan kepada para tenaga kesehatan hingga mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Insyaallah kita bisa mulai di pertengahan Januari ini, minggu kedua dan minggu ketiga kita bisa siapkan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2021).

Saat ini, kata Riza, Pemprov DKI Jakarta membutuhkan ribuan tenaga kesehatan untuk penanggulangan pademi Covid-19. "Sudah disampaikan kita butuh 2.676, kalau enggak salah. Kita lagi proses ya," ucapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Ribuan Faskes untuk Vaksinasi Covid-19

Sebelumnya, Riza juga menyatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan ratusan fasilitas kesehatan atau faskes di ibu kota untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Kata dia, nantinya ratusan faskes tersebut memiliki kapasitas penyuntikan hingga ribuan orang setiap harinya.

"Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan 453 faskes pelaksana vaksinasi Covid-19 beserta petugas kesehatan dokter, perawat dan bidan sebagai vaksinator. Kapasitas penyuntikan 20.473 orang per hari," kata Riza saat dihubungi, Senin (4/1/2021).

Lanjut Riza, untuk sasaran penerima vaksin akan menggunakan data dari Sistem Indormasi SDM Kesehatan (Kemenkes), Disdukcapil, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan.

Sasarannya yakni tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada faskes di Ibu Kota.

"Untuk tahap pertama akan ditujukan kepada tenaga kesehatan sebanyak 119.145 orang," jelas Riza.

3 dari 3 halaman

3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.