Wagub DKI: Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Dilakukan Pertengahan Januari 2021

Oleh Ika Defianti pada 05 Jan 2021, 15:36 WIB
Diperbarui 05 Jan 2021, 16:47 WIB
Wagub DKI Cek RSUD Pasar Minggu
Perbesar
Wakil Gubernur DKI Riza Patria meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khusus Covid-19 di Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Kunjungan Riza guna mengecek mulai dari kecukupan dokter dan seluruh tenaga kesehatan pendukungnya hingga stok obat-obatan di rumah sakit (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Ibu Kota rencananya akan dilakukan pada pertengahan Januari 2021.

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama tersebut akan diberikan kepada para tenaga kesehatan hingga mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Insyaallah kita bisa mulai di pertengahan Januari ini, minggu kedua dan minggu ketiga kita bisa siapkan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2021).

Saat ini, kata Riza, Pemprov DKI Jakarta membutuhkan ribuan tenaga kesehatan untuk penanggulangan pademi Covid-19. "Sudah disampaikan kita butuh 2.676, kalau enggak salah. Kita lagi proses ya," ucapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Siapkan Ribuan Faskes untuk Vaksinasi Covid-19

Sosialisasi Vaksin Covid-19 di Tiang Monorel
Perbesar
Deretan papan reklame sosialisasi vaksin Covid-19 yang terpasang di tiang pancang proyek monorel, Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengatakan vaksin Covid-19 akan tiba di Indonesia pada akhir November 2020. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, Riza juga menyatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan ratusan fasilitas kesehatan atau faskes di ibu kota untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Kata dia, nantinya ratusan faskes tersebut memiliki kapasitas penyuntikan hingga ribuan orang setiap harinya.

"Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan 453 faskes pelaksana vaksinasi Covid-19 beserta petugas kesehatan dokter, perawat dan bidan sebagai vaksinator. Kapasitas penyuntikan 20.473 orang per hari," kata Riza saat dihubungi, Senin (4/1/2021).

Lanjut Riza, untuk sasaran penerima vaksin akan menggunakan data dari Sistem Indormasi SDM Kesehatan (Kemenkes), Disdukcapil, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan.

Sasarannya yakni tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada faskes di Ibu Kota.

"Untuk tahap pertama akan ditujukan kepada tenaga kesehatan sebanyak 119.145 orang," jelas Riza.

3 dari 4 halaman

3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh

Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓