Sukses

Top 3 News: Digelarnya Sidang Praperadilan Perdana Rizieq Shihab

Sidang praperadilan dilakukan untuk menguji status tersangka dan penahanan Rizieq Shihab terkait kerumunan di Petamburan dan Tebet, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Berita sidang praperadilan perdana Rizieq Shihab digelar Senin, 4 Januari 2021 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menjadi sorotan di Top 3 News hari ini.

Diketahui, sidang praperadilan dilakukan untuk menguji status tersangka dan penahanan Rizieq Shihab terkait kerumunan di Petamburan dan Tebet, Jakarta.

Saat sidang, tim kuasa hukum Rizieq Shihab, Muhammad Kamil Pasha menyebut acara yang digelar di Petamburan sehingga menimbulkan kerumunan telah mendapatkan persetujuan dari pihak Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus).

Kamil juga mengklaim telah meminta kepada pendukung Rizieq Shihab dan Front Pembela Islam (FPI) untuk tidak datang dan membuat kerumunan. Namun rupanya antusias pendukung Rizieq Shihab tak terbendung.

Kemudian, TNI Angkatan Laut mengungkapkan kecanggihan drone bawah air yang ditemukan oleh nelayan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan pada 26 Desember 2020 lalu.

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, drone tersebut bernama seaglider. Dia memaparkan, salah satu kecanggihan seaglider adalah bisa mengambil data di bawah laut dan bisa diakses dari manapun.

Yudo kemudian membeberkan karakteristik fisik dari seaglider itu. Berdasarkan penelitian TNI AL selama satu minggu, seaglider berukuran 2,25 meter itu terbuat dari aluminium dengan dua sayap, propeller, serta antena belakang. Di badan seaglider, terdapat instrumen yang mirip kamera.

Sementara itu, kabar meninggalnya Ali Taher Parasong, anggota Komisi VIII DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) juga menarik perhatian pembaca kanal News Liputan6.com.

Ali Taher meninggal dunia diduga akibat terinfeksi virus Corona Covid-19. Kabar tersebut juga dibenarkan Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay.

Sementara itu, menurut Sekretaris Jenderal PAN Edhy Soeparno, dengan kepergian Ali Taher, DPR RI kehilangan politikus tangguh, termasuk PAN sendiri.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 4 Januari 2021:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kubu Rizieq Shihab Sebut Acara Petamburan Disetujui Pihak Wali Kota Jakpus

Tim kuasa hukum Muhammad Rizieq Shihab, Muhammad Kamil Pasha menyebut acara yang digelar di Petamburan sehingga menimbulkan kerumunan telah mendapatkan persetujuan dari pihak Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus).

Hal ini disampaikannya, dalam sidang gugatan praperadilan penetapan tersangka Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Acara pernikahan tersebut disetujui dan dihadiri pihak KUA Tanah Abang. Serta acara Maulid diketahui dan disetujui oleh pihak Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat," kata Kamil di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 4 Januari 2021.

Dia juga mengklaim telah meminta kepada pendukung Rizieq Shihab dan Front Pembela Islam (FPI) untuk tidak datang dan membuat kerumunan. Namun rupanya antusias pendukung Rizieq Shihab tak terbendung.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

TNI AL Ungkap Kecanggihan Drone Bawah Air yang Ditemukan di Kepulauan Selayar, Sulsel

TNI Angkatan Laut ungkap kecanggihan drone bawah air yang ditemukan oleh nelayan Kepulauak Selayar, Sulawesi Selatan. Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, benda yang drone tersebut bernama seaglider.

Yudo mengatakan bahwa seaglider biasa digunakan untuk keperluan survei dan data oseanograf atau bawah laut, karena seaglider merupakan alat yang bisa mengambil data dan bisa diakses dari manapun.

Yudo kemudian menjelaskan apa itu seaglider dan bagaimana sistem kerjanya.

"Alat ini banyak digunakan untuk keperluan survei atau untuk mencari data oseanografi di laut, di awah lautan. Ini bisa diakses melalui website oleh semua yang bisa mengakses data," kata Yudo Margono, saat konferensi pers di Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidrosal) TNI AL, Ancol, Jakarta Utara, Senin, 4 Januari 2021.

Yudo mengagakan, industri manapun bisa menggunakan alat ini. Industri perikanan mislanya, alat ini digunakan untuk mencari ikan. Kemudian pada industri pertambangan biasa menggunakan alat ini untuk keperluan pengeboran.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

5 Hal Terkait Meninggalnya Anggota DPR Ali Taher Diduga Akibat Covid-19

Ali Taher Parasong, anggota Komisi VIII DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN), meninggal dunia pada Minggu, 3 Januari 2021.

Ali Taher dikabarkan meninggal dunia diduga akibat terinfeksi virus Corona Covid-19. Kabar tersebut juga dibenarkan Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay.

"PAN berduka cita mendalam atas berpulangnya Ketua Fraksi PAN MPR RI, anggota Komisi VIII dan Baleg, Ali Taher Parasong. Dugaan awalnya Beliau terinfeksi virus Covid-19," ujar Saleh, Minggu, 3 Januari 2021.

Sementara itu, menurut Sekretaris Jenderal PAN Edhy Soeparno, dengan kepergian Ali Taher, DPR RI kehilangan politikus tangguh, termasuk PAN sendiri.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Kerumunan Acara Rizieq Shihab dan Denda Rp 50 Juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.