Sukses

Melihat Berbagai Persiapan Sidang Perdana Praperadilan Rizieq Shihab

Sidang praperadilan dilakukan untuk menguji status tersangka dan penahanan Rizieq Shihab terkait kerumunan di Petamburan dan Tebet, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang praperadilan Rizieq Shihab untuk pertama kalinya akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau PN Jaksel pada hari ini, Senin (4/1/2021).

Diketahui, praperadilan dilakukan untuk menguji status tersangka dan penahanan Rizieq Shihab terkait kerumunan di Petamburan dan Tebet, Jakarta.

Persiapan sidang pada hari ini adalah diterjunkannya aparat kepolisian untuk mengawal. Hal tersebut disampaikan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono.

"Pengamanan sudah disiapkan dari jajaran Polres Metro Jakarta Selatan di back-up Polda Metro Jaya," ujar Budi saat dikonfirmasi, Minggu, 3 Januari 2021.

Selain itu, persiapan lainnya adalah arus lalu lintas di sekitar PN Jakarta Selatan yang juga ikut diatur.

Sementara itu, pengacara Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengaku tak ada persiapan khusus pada sidang perdana praperadilan ini.

Berikut ragam persiapan jelang sidang perdana praperadilan Rizieq Shihab dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terjunkan 1.610 Personel Gabungan

Sidang perdana praperadilan Rizieq Shihab akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada Senin 4 Januari 2021. Pihak keamanan tampak bersiaga dengan mengerahkan sejumlah personel gabungan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, sebanyak 1.610 personel gabungan dikerahkan dalam sidang praperadilan Rizieq Shihab tersebut.

"1.610 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemda disiagakan untuk pengamanan sidang praperadilan besok di PN Jakarta Selatan," kata Argo, Minggu, 3 Januari 2021.

 

3 dari 5 halaman

Arus Lalu Lintas Diatur

Selain itu menurut Argo, bukan hanya pengamanan di lokasi sidang Rizieq Shihab saja dilakukan. Tapi arus lalu lintas di sekitar PN Jakarta Selatan juga ikut diatur.

"Pengamanan mulai lokasi sidang hingga pengaturan jalur lantas," jelas Argo.

 

4 dari 5 halaman

Kata Pengacara

Pengacara Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengaku tak ada persiapan khusus jelang sidang praperadilan kliennya.

Diketahui, praperadilan dilakukan untuk menguji status tersangka dan penahanan Rizieq Shihab terkait kerumunan di Petamburan dan Tebet, Jakarta.

"Tidak ada (persiapan), biasa saja," kata Azis saat dihubungi Liputan6.com.

Soal adanya massa simpatisan Rizieq Shihab yang diprediksi akan hadir dalam sidang praperadilan, dia mengaku tak mau ikut campur karena tak mengurusi hal tersebut.

"Untuk massa bukan domain kita," tutup Aziz.

5 dari 5 halaman

Kerumunan Acara Rizieq Shihab dan Denda Rp 50 Juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.