Sukses

Cara Warga Binaan Lapas Narkotika Jakarta Merayakan Pergantian Tahun

Selain mengajak WBP untuk hidup sehat dengan terus menjalankan protokol kesehatan, Oga mengaku terus memberi dukungan bagi mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan tahun baru di tengah keterbatasan dilakukan jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Jakarta, Jumat (1/1) dinihari. Petugas pun memberikan masker, vitamin, sabun hingga makanan ringan kepada warga binaan.

Kalapas Narkotika Jakarta, Oga Darmawan mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya agar warga binaan juga dapat merayakan tahun baru. Tentunya warga binaan pemasyarakatan (WBP) tetap menjalankan protokol kesehatan di lapas. "Makanya kami siapkan berbagai kebutuhan untuk mereka," katanya, Jumat (1/1/2020).

Kepada setiap WBP diberikan paket yang berisi masker, vitamin, sabun hingga makanan ringan.

"Jadi satu WBP diberikan masing-masing satu paket. Tadi juga sudah dipesan pakai sabun sendiri-sendiri jangan satu beramai-ramai," ujarnya.

Terlebh, Lapas Narkotika Jakarta sebelumnya keluar sebagai juara satu penanganan Covid-19 dari dokter Kementrian Hukum dan HAM. "Kami berupaya mempertahankan itu," ungkap Oga.

Selain mengajak WBP untuk hidup sehat dengan terus menjalankan protokol kesehatan, Oga mengaku terus memberi dukungan bagi mereka. Caranya dengan menyiapkan video call, diharapkan bisa mengobati kerinduan mereka dengan keluarga. "Karena sejak pandemi ini tidak boleh membesuk mereka, makanya kita siapkan video call," sambungnya.

Perayaan malam tahun baru di lapas digelar di kamar sel masing-masing para WBP. Petugas mengantarkan paket tersebut ke setiap kamar dan diberikan lewat lubang jendela teralis besi mereka. "Kami tetap mengikuti anjuran pemerintah. Kami juga bersyukur mereka terlihat senang ketika petugas memberikan paket untuk WBP," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.