Sukses

Jakarta Siapkan 1.000 Pasukan Oranye untuk Antisipasi Sampah Malam Tahun Baru

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 1.000 petugas kebersihan untuk mengantisipasi sampah saat pergantian Tahun Baru 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 1.000 petugas kebersihan atau pasukan oranye untuk mengantisipasi sampah saat pergantian Tahun Baru 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin menyatakan, para petugas tersebut bersiaga di Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan.

"Ketika diperlukan, mereka bisa cepat dikerahkan ke lapangan," kata Syaripudin dalam keterangan tertulis, Rabu (30/12/2020).

Kata dia, petugas yang bertugas tidak sebanyak pada tahun sebelumnya. Seribuan petugas itu terdiri dari sopir truk sampah, kru, dan regu comot.

Selain itu, Syaripudin menyatakan pihaknya membuka kanal pengaduan penanganan sampah, mulai dari aplikasi hingga penyampaian melalui media sosial.

"Selain melalui CRM di Aplikasi JAKI, masyarakat juga bisa menyampaikan melalui sosial media Dinas Lingkungan Hidup maupun Pemprov DKI Jakarta. Khusus malam tahun baru, kita membuka hotline di 0813-1444-9891," jelas Syarifudin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Akan Tutup Total Jalan Sudirman-Thamrin Saat Malam Tahun Baru 2021

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario mengantisipasi kerumunan massa pada saat malam tahun baru 2021. Salah satunya yakni melarang kendaraan dan manusia melintas di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

"Direncanakan nanti malam tahun baru dan masih kita konsepkan lebih detail lagi, akan ada car free night bahkan crowd free night. Artinya di Jalan Sudirman-Thamrin kita rencanakan tidak boleh dilewati kendaraan dan tidak boleh dilewati manusia," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin (28/12/2020).

Sambodo menjelaskan, kebijakan itu masih dibahas bersama instansi terkait dan pengusaha-pengusaha yang memiliki hotel di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

Intinya, kepolisian mengusulkan agar ruas jalan tersebut ditutup total. Penutupan jalan rencananya dimulai pada 31 Desember 2020 pukul 20.00 WIB hingga 1 Januari 2021 dini hari.

"Masih kita bicarakan detailnya," ujar dia.

Sambodo menjelaskan, telah mengatur jumlah personel yang dikerahkan untuk menjaga ruas jalan tersebut. Sambodo menyebut, personel juga ditempatkan di sejumlah lokasi wisata.

"Sudah ada kesepakatan tempat wisata tutup jam 5 sore tentu kita akan perkuat penjagaan di situ agar tidak ada yang nongkrong-nongkrong melewat batas yang sudah ditentukkan," ucap dia.

"Mudah-mudahan dengan bantuan masyarakat, TNI-Polri dan instansi terkait, perayaan malam tahun baru di Jakarta bisa aman, tertib dan paling penting sehat. Kita berupaya tidak ada kerumunan," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.