Sukses

Pimpinan MPR: Natal Jadi Momen Tepat Bangkitkan Sikap Toleransi

Lestari berpesan, bagi masyarakat yang merayakan Natal di masa pendemi Covid-19 ini, harus mengedepankan keselamatan bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebut, semangat Natal di tengah pandemi Covid-19 harus dijadikan momentum membangkitkan kembali nilai-nilai toleransi dan kebhinnekaan.

"Pada peringatan Natal di tengah suasana pandemi Covid-19 ini, saat yang tepat untuk meningkatkan kembali nilai-nilai toleransi, persatuan, saling menghormati antarumat beragama dan kebhinnekaan kita," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/12/2020).

Menurut Lestari, nilai-nilai kebangsaan dimiliki hendaklah selalu dijaga dan dilestarikan lewat perilaku keseharian.

Momentum peringatan Natal di Tanah Air, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, adalah saat yang tepat untuk mengamalkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Bagi masyarakat yang merayakan Natal di masa pendemi Covid-19 ini, menurut dia, juga harus mengedepankan keselamatan bersama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan Satgas pengendalian Covid-19 di masing-masing daerah," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menebar kebaikan

Sedangkan, bagi masyarakat yang tidak merayakan Natal, ia menyebut harus mampu menjaga semangat persatuan dan kebersamaan di lingkungannya.

"Kerukunan antarumat beragama itu sudah dicontohkan oleh nenek moyang kita sejak dahulu, jadi saya kira kita mampu untuk menjaga nilai-nilai toleransi itu tetap utuh," ujar Lestari.

Dia berharap, peringatan Natal di tengah keprihatinan akibat pandemi Covid-19 ini mampu mempersatukan semua elemen bangsa untuk bersama-sama menebar kebaikan bagi negeri.

"Dalam bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran virus kCorona di lingkungannya masing-masing," tandas Lestari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.