Hari Pertama Libur Natal, Arus Lalu Lintas di Tol Jabodetabek dan Sekitarnya Lancar

Oleh Liputan6.com pada 24 Des 2020, 10:12 WIB
Diperbarui 24 Des 2020, 10:12 WIB
FOTO: Ada Larangan Mudik, Jalan Tol Dibatasi Mulai 24 April 2020
Perbesar
Sejumlah kendaraan melintasi ruas Tol Jagorawi, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Mulai 24 April 2020, pemerintah akan memberikan sanksi bagi warga yang nekat keluar masuk wilayah Jabodetabek dan wilayah zona merah virus corona COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu lintas di sejumlah tol di Jabodetabek dan sekitarnya pada hari pertama libur Natal 2020, lancar. Salah satunya di Tol Jagorawi Cawang-TMII-Cibubur-Bogor-Ciawi maupun sebaliknya.

"09.00 WIB #Tol_Jagorawi Cawang - TMII - Cibubur - Bogor - Ciawi LANCAR. ; Ciawi - Bogor - Cibubur  - TMII - Cawang LANCAR," tulis keterangan PT Jasa Marga (Persero) lewat Twitter pada Kamis (24/12/2020).

Namun, pengendara diimbau untuk hati-hati, karena setelah gerbang Tol Ciawi KM 44-46 arah Sukabumi Petugas memberlakukan contraflow kanan, guna mengurai antrean kendaraan saat libur Natal.

Sementara untuk Tol Japek II Elevated, terpantau padat mulai dari Karawang Barat KM 47 sampai KM 48 arah Cikampek. Kepadatan disebabkan oleh pertemuan dari jalur tol bawah. Namun, setelah itu, jalur Karawang- Cikarang-Tambun-Cikurnir dilaporkan lancar.

Begitu pula di Tol Japek Cikampek-Dawuan-Cikarang-Cikunir-Cawang. Arus lalu lintas di jalan bebas hambatan itu lancar di kedua arahnya. Pengemudi diminta hati-hati, karena petugas telah memberlakukan contraflow sebelah kanan jalur arah Karawang Barat KM47-Dawuan KM61.

PT Jasamarga juga mengambarkan kondisi di ruas Tol Janger Tomang-Karang Tengah-Tangerang-Bitung dilaporkan masih lancar di kedua jalurnya pada pukul 09.00 WIB. Demikian juga Tol CTC Cawang-Tomang-Plut Cengkareng lancar di kedua arahnya.

Selanjutnya Tol JLJ Ulujami-Pd Ranji-Serpong lancar di kedua ruasnya. Termasuk Tol Purbaleunyi Dawuan-Padalarang-Pasteur-Cileunyi maupun sebaliknya lancar.

"09.00 WIB Hindari Menggunakan Handphone Saat Mengemudi. Bila Anda Lelah dan Mengantuk, Gunakan Tempat Istirahat," tulis twitter Jasamarga soal arus lalin tol pada libur Natal ini.

 

2 dari 3 halaman

Puncak Arus Mudik Natal

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak mudik liburan Natal 2020 akan terjadi pada 23-24 Desember 2020. Sementara itu, puncak balik pada 27 Desember 2020.

"Kemenhub dengan pihak lain seperti kepolisian dan dinas perhubungan tetap akan menerapkan dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan agar tidak terjadi lonjakan Covid-19," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Sementara untuk liburan Tahun Baru 2021, Kemenhub memperkirakan puncak mudik akan terjadi 30-31 Desember 2020, sedangkan puncak balik akan terjadi pada 3 Januari 2021.

Dirjen Budi mengatakan, pihaknya memprediksi volume lalu lintas melalui tol keluar/masuk Jabodetabek pada saat liburan Natal 2020 akan naik 15,14 persen dibanding hari normal.

Sementara untuk prediksi volume lalu lintas kendaraan jalan tol keluar/masuk Jabodetabek pada liburan Tahun Baru 2020 akan ada kenaikan 11,50 persen dibanding hari normal.

"Sekalipun berbagai pihak akan dan terus melakukan pengawasan protokol kesehatan, kami berharap masyarakat disarankan untuk tetap berlibur di rumah agar terhindar dari kerumunan dan tidak ada lonjakan pandemi," kata Dirjen Budi Setiyadi.

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓