Sukses

6 Hal yang Dilakukan Wishnutama Usai Diganti Jokowi dengan Sandiaga Uno

Wishnutama langsung merespons penggantian dirinya sesaat setelah Presiden Jokowi memperkenalkan enam menteri barunya pada reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - Jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) saat ini sudah resmi diemban Sandiaga Uno setelah diserahterimakan dari Wishnutama

Wishnutama langsung merespons penggantian dirinya sesaat setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperkenalkan enam menteri barunya pada reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju.

Meski tak disampaikan secara langsung, ia sempat mengunggah ucapan selamat kepada Sandiaga Uno yang dipercaya Jokowi menggantikan dirinya di kursi Menparekraf

"Alhamdulillah mas @sandiuno telah terpilih menggantikan saya untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Wishnutama dalam akun instagramnya @wishnutama, Selasa, 22 Desember 2020.

Dan pada hari ini, Rabu (23/12/2020), pelantikan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) telah dilakukan di Istana Negara.

Usai pelantikan, Wishnutama dan Sandiaga Uno pun melakukan serah terima jabatan atau sertijab di di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berikut deretan hal yang dilakukan Wishnutama setelah dirinya digantikan Sandiaga Uno sebagai Menparekraf, dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Unggah Foto Bersama Sandiaga

Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 22 Desemebr 2020.

Salah satu yang diganti oleh Jokowi adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Sang pengganti tak lain mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

"Kemudian yang kedua saya ingin mengenalkan tapi kita semuanya saya kira sudah tahu yaitu bapak Sandiaga Salahuddin Uno," ucap Jokowi saat mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 22 Desember 2020.

"Beliau adalah dulu Wagub DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," sambung dia.

Usai mengetahui kabar tersebut, Wishnutama kemudian mengunggah foto berdua dengan Sandiaga Uno di akun Instagram terverifikasinya @wishnutama pada hari yang sama.

Dalam foto itu, Wishnutama dan Menparekraf yang baru berswafoto sembari tersenyum. Kedua juga tampak seragam memakai kacamata dengan frame hitam.

 

3 dari 8 halaman

2. Ucapkan Selamat

Selanjutnya, menyertai unggahan fotonya, Wisnhutama memberikan ucapan selamat kepada Menparekraf baru Sandiaga Uno.

Diketahui, ucapan tersebut ia lontarkan lewat diunggah dalam akun instagramnya dengan disisipi foto mereka berdua.

"Alhamdulillah mas @sandiuno telah terpilih menggantikan saya untuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Saya yakin dibawah kepemimpinan Mas Sandi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat segera bangkit bahkan bisa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Selamat mas @sandiuno semoga sehat selalu dan sukses membawa @kemenparekraf.ri menjadi maju kedepan, Aamiin YRA 🙏🏼🙏🏼🙏🏼

#indonesiamaju," tulis Wishnutama.

 

4 dari 8 halaman

3. Unggah Foto Kegiatan Terakhir

Selain mengucapkan selamat kepada Sandiaga Uno, Wishnutama juga sempat mengunggah foto kegiatan terakhirnya sebagai Menparekraf sebelum akhirnya melakukan serah terima jabatan.

Dalam beberapa foto yang diunggah di akun Instagramnya @wishnutama, terlihat ia sedang melakukan rapat dengan beberapa stafnya.

Mereka juga nampak berjarak dan memakai masker sesuai protokol kesehatan Covid-19. Ada pula beberapa foto kebersamaan yang diunggah.

Tak lupa, Wishnutama mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajarannya yang telah membantu selama ini.

"Memimpin rapim terakhir @kemenparekraf.ri sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif secara hybrid.

Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada mbak Wamen @angelatanoesoedibjo dan semua teman2 @kemenparekraf.ri atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini dalam menghadapi tantangan yang amat berat akibat pandemi ini." kata Wishnutama.

 

5 dari 8 halaman

4. Titipkan Pesan kepada Staf Kementerian

Selain mengucapkan terima kasih, Wishnutama juga menitipkan pesan kepada para stafnya di jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Pesan saya untuk seluruh jajaran @kemenparekraf.ri pastikan berbuat yang mulia dalam menjalankan tugas kita, karena tidak pernah ada waktu yang salah untuk berbuat baik...Dan tidak pernah ada waktu yang baik untuk berbuat salah.

Sebuah kebanggaan yang luar biasa pernah mengabdi bersama mbak Wamen @angelatanoesoedibjo dan seluruh tim @kemenparekraf.ri untuk bangsa dan negara ini 🇮🇩🙏🏼" tutup Wishnutama.

 

6 dari 8 halaman

5. Lakukan Sertijab

Sandiaga Uno melakukan serta terima jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Wishnutama Kusubandio di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (23/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Wishnutama mengatakan, Sandiaga akan menghadapi tantangan besar di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terutama menjalankan perencanaan di tengah pandemi Covid-19. Seperti pengalamannya satu tahun ini.

"Saya jadi tim besar ini di masa yang sangat unpredictable segala sesuatu sulit ditebak. Perencanaan pun hampir sebagian besar kadang bisa dieksekusi, tapi sebagian besar tidak bisa dieksekusi," kata dia.

Wishnutama pun menyerahkan tongkat kepemimpinan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kepada Sandiaga.

"Tongkat estafet untuk melanjutkan memimpin kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif saya serahkan dan titip pak menteri, teman-teman sekalian di sini agar kita semua bisa maju," jelas Wishnutama.

Sementara itu, Sandiaga Uno menyampaikan kepada Wishnutama ingin tetap memanggil mantan bos NET TV itu sebagai "Mas Menteri". Dia mengatakan, seseorang sekali menjadi menteri akan tetap menjadi menteri.

"Sekali jadi menteri tetap jadi menteri pak, karena ada satu kode etik. Izinkan saya terus memanggil Mas Wishnutama Kusubandio sebagai Mas Menteri," kata Sandiaga dalam acara sertijab.

Sandiaga menilai, Wishnutama sebagai talenta terbaik. Dia pun berterima kasih atas kerja selama satu tahun belakangan dan mendoakan yang terbaik untuk Wishnutama.

"Ini sahabat, talenta terbaik yang dimiliki bangsa ini dan saya sangat terhormati bapak telah memberikan sumbangsih terbaik, mas menteri dalam satu tahun ini kita harapkan dan doakan yang terbaik untuk mas menteri," tutup Sandiaga.

 

7 dari 8 halaman

6. Bacakan Puisi

Acara serah terima jabatan yang menandai peralihan kekuasaan resmi dari Wishnutama kepada Menparekraf baru digelar pada Rabu (23/12/2020).

Dalam kesempatan itu, ia memulai pidato terakhirnya sebagai Menparekraf dengan mengucapkan terima kasih kepada jajaran kementerian yang dipimpinnya.

"Setahun terakhir ini menghadapi pandemi yang sangat berat sekali. Ini juga akan menjadi tantangan luar biasa buat Bang Sandi ke depan," kata Tama.

Ia mengakui banyak rencana yang disusun gagal dieksekusi di lapangan karena situasi tak menentu sebagai imbas pandemi Covid-19. Ia mengklaim selalu berusaha mencari solusi agar pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan selama masa yang tidak pasti tersebut.

"Banyak yang menaruh harapan, jutaan orang bergantung di sektor ini, sektor pariwisata sekitar 13 juta orang, ekonomi kreatif hampir 20 juta pekerja," kata Wishnutama.

Ia berharap Sandiaga Uno bisa mengatasi masalah sehingga kedua sektor yang menjadi tumpuan perekonomian Indonesia bisa bangkit kembali. "Dan tentunya jauh lebih baik dari sebelumnya," ucapnya.

Ia pun menutup pidato tersebut dengan membacakan puisi. Tama menyebut puisi tersebut merupakan karya sastrawan Ramadhan KH yang sempat dibacakan di rapat terakhir bersama jajaran kementerian oleh Ricky Pesik, staf khusus menteri bidang digital dan industri kreatif.

Puisi yang dibacakan oleh Wishnutama cukup pendek tetapi maknanya mendalam. Bait-bait puisi tersebut bahkan dipajang dalam prasasti di dinding Hotel Indonesia, yang terinspirasi dari filosofi Presiden ke-1 RI, Sukarno.

Mega mega yang disentuh pudar, karena keagungan kerja

Badai-badai yang ditentang nyisih, karena keagungan jiwa

Tiadalah kebahagiaan sebesar Kebahagiaan selesai kerja

Tiadalah kelapangan sebesar Kelapangan kemenangan jiwa

Dan semua pengabdian

Diuntukkan bagi keagungan bangsa

Dan semua kelelahan

Diuntukkan bagi kemuliaan manusia

 

 

(Fifiyanti Abdurahman)

8 dari 8 halaman

6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.