Sukses

Cerita Sandiaga Dapat Kode dari Istana dan Erick Thohir Sebelum Jadi Menteri

Sandiaga Uno resmi menjabat sebagai Menparekraf menggantikan Wishnutama di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf.

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno telah resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju. Sandiaga bercerita, dirinya telah mendapatkan kode dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno, sebelum ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Menparekraf.

Namun Sandiaga Uno yang saat itu sedang dalam masa penyembuhan dari Covid-19, mengaku tak menyadari kode yang diberikan Pratikno.

"Di penyembuhan itu, saya pertama kali mendapatkan pemberitahuan karena banyak mendapatkan doa dan mengirimkan pesan, terselip-selip. Ternyata ada satu pesan dari Pak Pratik kira-kira Jumat minggu lalu, singkat saja pesannya yaitu 'bismillah mas'," kata Sandiaga usai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Pada waktu itu, Sandiaga mengira pesan dari Istana itu untuk kesembuhan dirinya. Dia pun hanya sekadar membalas singkat pesan dari Pratikno.

"Wah saya pikir ini Bismillah untuk kesembuhan saya gitu. Saya jawab 'Bismillah, Pak'," ucapnya.

Kode terkait penunjukkan sebagai menteri juga diterima Sandiaga dari rekannya yang berada di kabinet Indonesia Maju yakni, Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Namun, Sandiaga baru diminta menghadap Jokowi pada Senin, 21 November 2021.

"Jadi karena rancu antara kesembuhan dan pesan lainnya, tentunya konfirmasi baru hari Senin dari Pak Pratik mengabarkan bahwa kemungkinan akan dipanggil dan diminta menghadap (Presiden), Senin sore atau Selasa," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diminta ke Istana dengan Baju Putih

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu kembali dihubungi untuk datang ke Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 22 Desember 2020. Setelah itu, Sandiaga diperkenalkan Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Selasa pagi saya mendapatkan kabar dari Istana hadir pukul 15.00, tanpa memberikan informasi lain hanya menggunakan baju putih," tuturnya.

Seperti diketahui, Jokowi menunjuk lawannya di Pilpres 2019, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan posisi Wishnutama. Usai dilantik, Sandiaga mengaku akan langsung bekerja.

"Setelah ini kami akan langsung melakukan sertijab (serah terima jabatan) dengan sahabat lama saya Mas Wishnutama, setelah itu di level teknis akan disampaikan beberapa program-program," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.