Sukses

Mengintip Jumlah Harta Eks Danjen Kopassus Herindra yang Jadi Wakil Prabowo Subianto

Presiden Joko Widodo alias Jokowi melantik Letjen Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi melantik Letjen Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan). Herindra yang pernah menjabat Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ini akan bekerja sama dengan Menhan Prabowo Subianto.

Berdasarkan laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, harta Herindra mencapai Rp 14,5 miliar. Harta tersebut dia laporkan ke KPK pada 28 April 2020 untuk pelaporan periodik tahun 2019.

Dalam laman tersebut tercatat Herindra memiliki 3 bidang tanah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan nilai Rp 8.830.291.162. Untuk harta bergerak dia melaporkan memiliki satu unit mobil Alphard senilai Rp 715 juta.

Kas dan setara kas yang dilaporkan Herindra sebesar Rp 4.132.603.262. Harta lainnya senilai Rp 895.005.523. Dia tercatat tak memiliki utang. Jadi total hartanya senilai Rp 14.572.899.947.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengangkat Letjen Muhammad Herindra menjadi Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan).

Adapun Herindra merupakan Kepala Staf Umum TNI. Dia kemudian ditunjuk Jokowi menjadi Wamenhan menggantikan Wahyu Sakti Trenggono, yang kini menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Wahyu mengisi posisi Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi ekspor benih lobster.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Menteri dan Wamen

Herindra merupakan lulusan terbaik akademi militer tahun 1987. Dia merupakan perwira tinggi TNI berlatar Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Dengan begitu, Herindra kini mendampingi seniornya yang juga berasal dari lingkungan Baret Merah, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto.

​​​​​​​Herindra sebelumnya menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus TNI AD pada 2015-2016. Kemudian, dia pernah menjadi panglima Kodam III/Siliwangi pada 2016-2017.

Seperti diketahui, Jokowi juga melantik 6 menteri dan 5 wakil menteri hasil reshuffle kabinet. Dalam reshuffle kali ini, Jokowi mengisi dua posisi yang kosong lantaran pejabat sebelumnya tersandung kasus korupsi. Dia juga mengganti beberapa kementerian dengan pemain baru.

Selain itu, Jokowi menambah tiga jabatan wakil menteri di kabinet Indonesia Maju. Tiga jabatan baru itu antara lain, Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Pertanian, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Berikut 6 menteri baru yang dilantik Jokowi:

1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno

3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin

4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas

5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Wahyu Sakti Trenggono

6. Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi

Sementara itu, 5 wakil menteri yang dilantik Jokowi antara lain:

1. Wakil Menteri Pertahanan: Letjen TNI M. Herindra

2. Wakil Menteri Hukum, dan HAM: Edward Komar Syarief Hiariez

3. Wakil Menteri Kesehatan: Dante Saksono Harbuwono

4. Wakil Menteri Pertanian: Harfiq Hasnul Qolbi

5. Wakil Menteri BUMN I: Pahala Nugraha Mansyuri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Reshuffle menteri

  • Herindra