Diangkat Jadi Menag, Gus Yaqut Ingin Jadikan Agama Sebagai Inspirasi

Oleh Nanda Perdana Putra pada 23 Des 2020, 06:32 WIB
Diperbarui 23 Des 2020, 06:32 WIB
Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas
Perbesar
Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas yang diangkat Jokowi sebagai Menteri Agama. (yaqut-cholil.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Quomas (Gus Yaqut) mengucapkan innalillahi wa innailaihi rajiun (sesungguhnya kita milik Allah dan semuanya kembali pada Allah) saat dikabari harus menerima amanah sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

"Ketika pertama kali saya mendapatkan berita bahwa saya harus menerima amanah sebagai pembantu Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden di kabinet ini sebagai Menteri Agama, tentu yang saya rasakan adalah kaget," kata dia di Veranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) petang.

Pria kelahiran Rembang, 4 Januari 1975 itu mengaku dalam mimpi yang paling liarnya sekali pun tidak pernah membayangkan akan menjadi Menteri Agama.

Tetapi apa pun tugas amanah yang sudah diberikan ini, ia menyatakan bertekad untuk mewakafkan seluruh hidup dan apa yang dimiliki untuk bangsa dan negara.

"Dan kebetulan sekarang mendapatkan kesempatan melalui Kementerian Agama, saya akan melakukan apa yang paling baik untuk bangsa dan negara ini," kata alumnus Fisip UI itu.

Gus Yaqut mengatakan. setelah nanti resmi menjadi Menag, yang pertama ingin dilakukan adalah menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi.

"Artinya apa, bahwa agama sebisa mungkin tidak lagi digunakan menjadi alat politik, baik untuk menentang pemerintah maupun merebut kekuasaan atau mungkin untuk tujuan-tujuan yang lain," katanya,

Menurut dia, agama lebih baik dibiarkan untuk menjadi inspirasi dan membawa nilai-nilai kebaikan serta kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jika ini dilakukan maka saya meyakini ke depan Indonesia ini akan jauh lebih tenteram dan pembangunan yang tadi sudah disampaikan oleh beberapa calon menteri tadi akan berjalan lebih mudah untuk diwujudkan," katanya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Ingin Memajukan Pendidikan

Di sisi lain, politikus PKB itu juga ingin memajukan pendidikan di lingkup Kemenag, termasuk mendorong pondok pesantren semakin mampu melahirkan kader-kader terbaik bangsa.

"Saya mohon doa restu kepada Bapak Ibu sekalian dan seluruh rakyat Indonesia agar amanah ini bisa saya laksanakan dengan sebaik-baiknya, istikamah dalam kebaikan dan tentu saja membawa kemajuan kepada bangsa dan negara," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓