Sukses

Top 3 News: Reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang Jadi Kenyataan

Sebelum akhirnya Presiden Jokowi benar-benar melakukan reshuffle kabinet pada Selasa sore, 22 Desember 2020, muncul beragam tanggapan dari beberapa pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini ramai soal kabar reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

Sebelum akhirnya benar-benar melakukan reshuffle kabinet pada Selasa sore, 22 Desember 2020 sekitar pukul 15.35 WIB, muncul beragam tanggapan dari beberapa pihak.

Salah satunya adalah Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin yang menyebut, isu reshuffle kabinet yang akhir-akhir ini menguat dapat mengganggu kinerja para menteri. Terlebih, bagi menteri-menteri yang disebutkan akan terkena reshuffle.

Kemudian benar saja, Jokowi melakukan reshuffle kabinet terhadap 6 posisi menteri. Di antaranya ada Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk menjadi Menteri Agama.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor itu dipilih Jokowi untuk menggantikan posisi Menteri Agama saat ini Fachrul Razi.

Pembaca kanal News Liputan6.com pun banyak membaca soal nama-nama lengkap pengisi dan pengganti menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Ada enam orang menteri baru yang dipilih oleh Jokowi-Ma'ruf Amin. Dua orang di antaranya menggantikan Edhy Prabowo yang dahulu Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP dan Menteri Sosial terdahulu Juliari Batubara.

Nama Pertama yang disebut adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ia dipercaya Jokowi untuk menggantikan Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 22 Desember 2020:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3 Tanggapan Terkait Wacana Reshuffle Kabinet Menteri Jokowi

Wacana reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi semakin menguat hari ini, Selasa, 22 Desember 2020.

Sebelumnya pada Senin, 21 Desember 2020, Jokowi pun melakukan rapat internal dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta.

Dan bahkan pada hari ini, Selasa (22/12/2020), Jokowi mengunggah sebuah foto penuh makna melalui akun sosial media Instagramnya @jokowi.

"Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru," tulis Jokowi menyertai unggahan fotonya.

Munculnya wacana reshuffle kabinet ini pun menuai tanggapan dari berbagai pihak. Misalnya dari Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.

Pria yang karib disapa Ngabalin itu enggan mengatakan kapan Jokowi akan melakukan reshuffle. Namun dirinya menegaskan, Jokowi bebas mengangkat dan memberhentikan para pembantunya apabila memang sudah diperlukan.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

Jokowi Angkat Ketua GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

Presiden Jokowi mengangkat Ketua Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas sebagai menteri Agama menggantikan Fachrul Rozi. Pengangkatan Yaqut langusng disampaikan Jokowi di Beranda Istana Kepresiden Jakarta.

“Beliau adalah tokoh muslim ketua GP Ansor dan akan kita beri tanggung jawab sebagai menteri Agama,” ucap Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa,22 Desember 2020.

Saat ini jabatan menteri agama dijabat oleh Fachrur Rozi, yang merupakan purnawirawan TNI.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

Daftar Lengkap 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju untuk pertama kalinya bersama Wapres Ma'ruf Amin.

Reshuffle kabinet ini dilakukan usai ada dua menteri Jokowi yang dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Keduanya adalah Edhy Prabowo dan Juliari Batubara.

Pengumuman reshuffle kabinet dilakukan hari ini, Selasa, 22 Desember 2020 di Istana Kepresidenan Jakarta sekitar pukul 15.35 WIB.

Setidaknya ada enam orang menteri baru yang dipilih oleh Jokowi-Ma'ruf Amin. Dua orang di antaranya menggantikan Edhy Prabowo yang dahulu Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP dan Menteri Sosial terdahulu Juliari Batubara.

Nama Pertama yang disebut adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ia dipercaya Jokowi untuk menggantikan Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial.

"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya. Beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Ibu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi saat mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.