Sukses

Tokoh Khonghucu Apresiasi Gus Yaqut Jabat Menteri Agama

Bagi Generasi Muda Khonghucu Indonesia, kehadiran Gus Yaqut adalah sebuah oase kegembiraan dan harapan baru.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah Tokoh Khonghucu mengapresasi atas dipilihnya Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama. Ketua Umum Generasi Muda Khonghucu Indonesia (Gemaku) Kristan menyatakan,  terpilihnya Yaqut sebagai Menag adalah right man on the right place.

"Tempatkanlah orang-orang sesuai dengan kecakapannya, maafkanlah kesalahan-kesalahan kecil, dan angkatlah orang-orang bijaksana. Begitulah kalimat yang terucap oleh Nabi Kongzi saat ditanya perihal bagaimana mengisi pemerintahan,” kata Kristan, Rabu (23/12/2020)

Kristan mengatakan, Gus Yaqut adalah sosok yang dikenal plural, tegas, berani, dan diterima semua kalangan lintas agama. Ini sosok yang tepat untuk diberikan tugas menjaga keharmonisan moderasi beragama di Indonesia yang sudah menjadi tagline Kementerian Agama.

Bagi Generasi Muda Khonghucu Indonesia, kehadiran Gus Yaqut adalah sebuah oase kegembiraan dan harapan baru, dimana beliau diharapkan dapat membawa angin segar bagi ketidakadilan untuk umat Khonghucu.

"Memang suara kami bagai setetes gerimis di atas atap Istana yang kadang tak terdengar dan terasakan oleh mereka yang berada di dalamnya. Namun semoga dengan prinsip Gus Yaqut yang selalu membela yang lemah seperti Gusdur. Gemaku berharap Gus Yaqut mendengar, merasakan empatinya." Imbuhnya.

"Semoga Gus Yaqut dapat amanah menjalankan tugas, bekerja esktra menjaga kepercayaan rakyat dengan kerja nyata dalam mengawal keberagaman negeri, mengayomi seluruh elemen bangsa dan keyakinan anak bangsa tanpa terkecuali," Tegasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dekat Banyak Kalangan

Tokoh Khonghucu dari Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Jawa Timur, Alim Sugiantoro, juga menyampaikan apresiasinya atas dilantiknya Gus Yaqut.

"Kami menilai Gus Yaqut sosok yang paling tepat duduk sebagai Menteri Agama, Beliau dekat dengan banyak kalangan, hingga mampu merangkul banyak pihak yang terdiri dari berbagai perbedaan," Ungkap Alim.

Pihaknya juga berharap dibawah pimpinan Gus Yaqut, toleransi dan kedamaian antar umat beragama bisa tercipta.Sepakat dengan Kristan, Alim juga ikut mendukung dan mendorong segera dibentuknya Dirjen Khonghucu di Kementrian Agama. Hal itu agar menjadi keseimbangan dan pemerataan kebijakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.